Sukses

Dampak Ricuh Aksi 22 Mei, Pengunjung Wisata Kota Tua Hanya Puluhan Orang

Meski sepi, wisata Kota Tua tetap kondusif untuk dikunjungi.

Jakarta - Kepala Unit Pelaksana Kerja (UPK) Kota Tua Jakarta, Norviadi S Husodo, memastikan lokasi wisata Kota Tua aman dikunjungi wisatawan meski ricuh unjukrasa di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI masih berlangsung.

"Iya (aman). Kalau di area Taman Fatahillah bisa dikatakan cukup kondusif, karena malam hari masih ada yang datang ke sana, teman komunitas juga beraktivitas," ujar Norviadi di Jakarta, Rabu, 23 Mei 2019, dilansir Antara.

Soal pengamanan, Kota Tua mendapat dukungan keamanan 50 personel TNI dan 100 personel Polri khusus di area Taman Fatahillah.

Sementara itu, di area sekitar Glodok hingga Kota Tua telah diterapkan penebalan personel keamanan sebanyak 1.100 personel untuk membatasi pendemo melewati wilayah Kota Tua.

"Yang mau masuk ke Taman Fatahillah juga sudah ada pengamanan," ujar dia menambahkan.

Antisipasi pengamanan tersebut juga ditujukan untuk melindungi beberapa cagar budaya dari kerusakan yang bernilai besar apabila pendemo memasuki kawasan tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Pengunjung

Di sisi lain, Norviadi mengatakan ricuh yang terjadi di Bawaslu berdampak signifikan pada penurunan jumlah wisatawan mulai Senin, 20 Mei 2019.

Pada hari-hari biasa pengunjung museum sejarah bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Namun selama ricuh terjadi di Bawaslu RI, pengunjung hanya sekitar puluhan orang saja.

"Penurunannya cukup drastis. Mungkin masyarakat sudah antisipasi untuk lebih baik tidak keluar rumah demi kepentingan keselamatan diri," pungkasnya.

Pantauan Antara pada Rabu, 22 Mei 2019, kawasan Kota Tua terlihat cukup lengang dan tidak banyak lampu terang menyala. Tidak banyak aktivitas di dalamnya seperti dari komunitas sepeda onthel, humanoid, dan komunitas perupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.