Sukses

Telat Bangun Sahur? Santap 4 Menu Makanan Ini

4 menu makanan ini bisa cepat disajikan dan pas untuk yang telat bangun sahur. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ibadah selama Ramadan adalah sahur. Santap sahur jadi awal penanda kita untuk melaksanakan puasa di hari tersebut.  Karena dilaksanakan pada dini hari, mungkin kita semua pernah terlambat bangun sahur karena tidur terlalu lelap.

Saat itu terjadi, pilih makanan yang akan dikonsumsi secara bijak dan bisa segera disantap agar tubuh tetap fit selama beraktivitas seharian.

Sebaiknya pilih makanan yang mengandung kadar air tinggi serta memiliki karbohidrat kompleks ketimbang protein atau lemak. Dilansir dari Fimela, 20 Mei 2019, berikut empat jenis makanan yang pas disantap saat Anda telat bangun sahur.

Oatmeal

Oatmeal bisa memberikan energi yang cukup untuk tubuh agar tak lemas beraktivitas saat puasa. Untuk sahur, Anda bisa buat bubur oatmeal dengan campuran air hangat atau yogurt. Lalu bisa menambahkan toping buah agar rasanya lebih sedap dan nutrisinya lebih lengkap.

Roti Gandum

Roti juga bisa jadi pilihan yang pas saat kita terlambat bangun untuk sahur. Namun dianjurkan untuk mengonsumsi roti gandum karena lebih tinggi serat. Anda pun akan merasa kenyang lebih lama dan pencernaan pun aman.

Hindari makan roti gandum dengan keju padat, margarin, atau daging kalengan karena kandungan garamnya bisa membuat lebih cepat haus usai sahur. Sebaiknya pakai selai dan ditambah topping buah saja.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sereal

Pilih sereal tinggi serat sebagai menu sahur. Selain praktis, sereal tinggi serat mengandung karbohidrat sehat, vitamin, dan mineral. Kalau ditambah susu, Anda mungkin juga akan mendapatkan nutrisi tambahan seperti kalsium, yodium, dan vitamin B.

Yogurt dan buah

Kalau waktunya sudah terlalu mepet dengan imsak atau Subuh, makan yogurt saja! Dengan semangkuk yogurt Anda bisa mendapatkan protein, kalsium, yodium, vitamin C, dan cairan.

Selain itu Anda bisa tambah buah seperti apel dan pisang sebagai topping untuk ekstra nutrisi.Jangan lupa minum air putih. Pilihan terakhir saat waktu sahur benar-benar sudah di penghujung, setidaknya minumlah segelas air putih!  (fitriandiani/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.