Sukses

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Usia Orangtua Bertambah

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk dilakukan saat usia orangtua bertambah. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun Anda tahu orangtua Anda akan bertambah tua, itu tidak berarti Anda akan bisa membayangkan seperti apa itu, atau memprediksi sepenuhnya apa yang mungkin terjadi. Dan itu tidak masalah. Tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sekarang, untuk membuatnya lebih bahagia dan nyaman.

Dilansir dari Bustle, Senin (20/5/2019), misalnya, Anda mungkin ingin mengobrol dengan orangtua Anda tentang hal-hal seperti uang, perawatan kesehatan, dan tempat tinggal mereka.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terkait usia orangtua Anda yang bertambah tua.

 Cobalah untuk Memaafkan Mereka

Jika orang tua Anda tidak selalu ada untuk Anda, atau jika mereka merusak hubungan Anda dengan cara yang berdampak besar pada Anda, mungkin bermanfaat untuk menemukan cara untuk memaafkan mereka. Pilihlah untuk tak membawa beban kebencian. Hal itu menghindari penyesalan Anda di kemudian hari.

Berlapang Dada

Anda mungkin juga ingin menyampaikan dan dengan berdiskusi dengan orangtua Anda, yang mungkin termasuk kenangan yang mengganggu Anda, serta hal-hal yang selalu ingin Anda ucapkan. Jadi, berbagilah dengan mereka sekarang sehingga Anda tak akan merasa bersalah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekam Cerita Keluarga

Catat beberapa cerita, serta cerita yang mereka ingat,  orangtua dan kakek nenek mereka katakan. Ini bagus untuk dimiliki sehingga Anda dapat berbagi dengan generasi masa depan.

Cari Tahu di Mana Mereka Ingin Tinggal

 

Pastikan untuk mengobrol dengan mereka tentang bagaimana mereka ingin dibantu, di mana mereka ingin tinggal, dan lain-lain. Sangat mudah untuk mengasumsikan orangtua Anda akan tinggal di rumah mereka selamanya dan tidak perlu pindah.  Namun, mungkin perlu bagi mereka untuk mendapatkan sedikit bantuan ekstra.

Ajak Berolahraga

Dorong mereka untuk keluar dan berolahraga atau berjalan santai atau melihat sesuatu yang mereka inginkan. Perlu diketahui, salah satu kunci untuk menjaga kesehatan otak dan tubuh adalah tetap aktif dan bergerak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.