Sukses

Jadi Penyiar TV, Begini Gaya Selvi Ananda Membawakan Berita dalam Bahasa Jawa

Menantu Jokowi, Selvi Ananda banyak dipuji karena bisa berbahasa Jawa krama inggil, tingkatan tertinggi dalam bahasa Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Menantu Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang merupakan istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, memang jarang disorot media. Meski begitu, istri Gibran Rabuming Raka ini kerap berhasil mencuri perhatian publik.

Bukan hanya parasnya yang cantik, sikap lembut dan santun Selvi Ananda ini membuat semua orang kagum pada perempuan 30 tahun ini.

Yang terbaru, video lawas yang memuat sosok Selvi langsung jadi viral di media sosial. Video itu diunggah akun Instagram @janethesss pada Sabtu, 18 Mei 2019.

Ia terlihat terampil berbahasa Jawa krama Inggil dalam saluran tv lokal. Mengenakan blazer hitam dengan dalaman blus batik oranye, rambut hitam Selvi digerai bebas. Pada tampilan lain, rambut panjangnya dikeriting ikal.

Ia terlihat luwes membawakan berita bersama rekannya saat itu.  Di acara berita tersebut, ibu Jan Ethes itu dianggap cakap dalam menggunakan krama inggil atau bahasa Jawa halus.

Dilansir dari laman Kamus Besar Bahasa Indonesia, kromo inggil atau krama inggil merupakan tingkatan bahasa tertinggi dalam bahasa Jawa, tergolong ragam hormat, lebih daripada kromo. Biasanya digunakan untuk berbicara dengan orang yang dihormati atau orang yang lebih tua.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahasa Jawa Krama Inggil

 
 
 
View this post on Instagram

#throwback - Ibunya Ethes in waktu masih jd news anchor 💕😍 #selviananda . . Cr : Denyut Kota

A post shared by Jan Ethes Srinarendra (@janethesss) on

Sedangkan, kromo atau krama berasal dari bahasa Jawa Nomina (kata benda) nama orang yang dipakai sebagai lambang yang menggambarkan rakyat kecil atau orang kebanyakan.

Tak hanya dipuji cantik, warganet banyak yang memuji logat bahasa Jawa yang digunakan ibu satu anak itu.

"Bahasanya Jawa Inggil belum tentu semua orang Jawa hebat," puji pemilik akun @bayusadewo12. "Bhs jawa ny bgs bgt..." tulis akun @ncepia147.

Menikah dengan Gibran pada 2015, Selvi Ananda telah dikaruniai seorang putra yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra yang bermakna pemimpin yang cerdas dan cekatan.

Selvi sendiri merupakan alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta dan dinobatkan menjadi pemenang kontes Putri Solo pada 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.