Sukses

Sajian Buka Puasa ala Hakkasan, Menggoda Selera dari Lantai 25

Set menu yang lengkap dengan citarasa ala Kanton serta pemandangan dari atas Jakarta bisa membuat buka puasa Anda berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Ingin sensasi buka puasa yang berbeda dari biasanya, Anda bisa mencoba set menu dari Hakkasan yang berlokasi di lantai 25 dan 26 Hotel Alila SCBD. Citarasa Kanton yang dihadirkan terdiri atas makanan pembuka, utama dan penutup.

Saat Liputan6.com menyambangi restoran cabang ke-12 di dunia itu, takjil untuk buka puasa terasa berbeda. Meski tetap terhidang kurma, Anda juga diberikan pilihan menyantap buah zaitun dan aprikot kering. Walau begitu, kurma tetap juaranya.

Untuk mendampinginya, Hakkasan menawarkan mocktail spesial khusus Ramadan, yaitu Yangzhou Rose. Sesuai namanya, air mawar menjadi salah satu bahan dalam minuman tersebut selain pomegranate molasses, leci dan sitrus. Secara keseluruhan, rasanya menyegarkan dengan tingkat kemanisan yang pas untuk buka puasa.

Setelah diselang dengan salat Maghrib, makanan ringan dihadirkan di atas meja. Terdiri dari dua jenis, yakni paket dim sum vegetarian yang terdiri morel crystal, Sichuan mabo dumpling, truffle bean curd roll, dan olive sugar snap dumpling, serta crispy quail egg puff.

Dim sum yang disajikan terasa begitu berbeda untuk buka puasa. Tampilannya cantik dengan beragam isian tak biasa. Dari sisi rasa, kulit lumpia pembungkus dim sum lebih kenyal dibandingkan dim sum yang biasa dijual di pasaran.

Sementara, crispy quail egg puff mengingatkan saya pada rasa risoles, tetapi jauh lebih lembut. Kuning telur puyuh langsung meleleh di mulut saat suapan perdana. Begitu pula dengan puff-nya yang berwarna hijau, seperti gulali versi gurih.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Empat Protein

Saat perut mulai terasa penuh, pelayan mengganti hidangan dengan menu utama. Ada empat jenis protein yang dihidangkan, terdiri dari ikan, ayam, daging sapi, dan jamur.

Hadir pertama di meja adalah Three style mushroom stir-fry with gai lan and macadamia nut. Tiga jenis jamur yang digunakan terdiri dari jamur tiram, jamur shimeji, dan jamur shitake. Dipadu dengan kacang macadamia, potongan bengkuang, dan gai lan, menu ini paling ringan dan menyegarkan.

Berikutnya adalah sea salt baked yellow chicken. Ditata seperti bintang, potongan ayam beserta kulit diletakkan di atas rommaine lettuce. Anda sebaiknya makan langsung bersamaan karena memberikan gurih dan renyah bersamaan di dalam mulut.

Makanan ketiga adalah stir fried blackpepper rib eye beef. Potongan daging sapi ditaruh di atas kriuk berbentuk mangkuk ini merupakan salah satu menu legenda Hakkasan. Dagingnya lembut dengan bumbu sedikit pedas.

Terakhir adalah yang paling favorit karena nyaris ludes, yakni tiger grouper with spicy Asian sauce. Sederhananya, menurut saya, ikan kerapu dengan bumbu kari khas India.

Bila biasanya kari terasa berat, hal ini tidak berlaku di hidangan ini. Jangan lupa menuangkan kuahnya ke atas nasi, dijamin Anda semakin susah berhenti mengunyah.

"Di sepanjang bulan suci ini, kami dengan senang hati mengajak para tamu untuk menikmati Ramadan Menu di Hakkasan Jakarta yang dibuat khusus untuk dinikmati bersama rekan-rekan dan keluarga," ujar Sky Wong Kum Choy, Chef deCuisine Hakkasan Jakarta, yang sempat menyapa kami, Selasa, 14 Mei 2019.

3 dari 3 halaman

Citarasa Lokal

Sebagai hidangan penutup, tersaji potongan buah segar yang diatur apik memanjang dan es teler. Sejak awal, Marketing Manager Hakkasan Jakarta Therisia Law sudah mewanti-wanti untuk menunggu hingga menu terakhir disajikan.

Es telernya memang membuat siapapun gatal mengabadikan lewat kamera. Tampilannya cantik, ditaruh di piring bulat dengan tambahan edible flower berwarna-warni.

Soal rasa, bila biasanya es teler konvensional sedapat mungkin tak berasa pahit, tidak demikian yang satu ini. After-taste pahit terasa dari cincau yang ada.

Campurannya juga berbeda dari es teler di pinggir jalan karena avokad yang dipakai bukan dari buah utuh, melainkan es krim rasa avokad. Sementara, daging kelapanya agak keras sehingga beri tekstur pada es teler keseluruhan.

Tertarik untuk mencoba? Set menu buka puasa ini bisa dinikmati dengan harga Rp 550 ribu++ per orang dan disajikan untuk sembilan orang atau lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.