Sukses

Memilih Tepung Jadi Kunci Kue Kering Tak Lembek

Ternyata memilih tepung menjadi salah satu trik untuk kue kering Anda tidak lembek.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat kue kering dengan tekstur dan rasa yang diinginkan. Kemampuan untuk menakar dan menguasai teknik sangat diperlukan untuk menghasilkan kue kering yang enak.

Fimela.com merangkum, salah satu bahan yang terpenting dalam membuat kue kering adalah tepung. Pemilihan tepung nyatanya sangat berpengaruh pada hasil kue kering.

Terdapat dua jenis tepung yang kerap digunakan untuk membuat kue kering, yakni tepung protein rendah dan tepung maizena. Mengapa? Simak rangkuman lengkapnya di bawah ini.

1. Tepung Maizena

Tepung Maizena atau tepung jagung tak kerap digunakan sebagai bahan tepung utama dalam setiap resep kue kering. Namun, penambahan tepung maizena akan membantu memberi tekstur renyah. Sejumlah kue kering yang memakai banyak tepung maizena adalah kue putri salju hingga kue semprit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Tepung Protein Rendah

Tidak ingin kue kering Anda keras? Pilihlah tepung dengan protein rendah atau sekitar 6-8 persen. Terdapat tiga tepung terigu yang dijual di pasaran dan tepung protein rendah adalah tepung yang dibuat khusus untuk kue kering.

Alasannya karena tepung ini menyerap sedikit cairan sehingga adonan tidak lembek dan terlalu lembap. Kue kering memang dibuar agar bertekstur kering dan renyah. Saat memakai tepung protein rendah, kue yang dipanggang otomatis jadi renyah dan lebih tahan lama. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.