Sukses

Berapa Berat Mahkota Raja Thailand yang Penuh Berlian?

Raja Thailand, Vajiralongkorn, sebelumnya membuat kabar mengejutkan atas pernikahan keempatnya dengan mantan pengawal yang kini bergelar Ratu Suthida.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini, dua kerajaan di dunia mencetak sejarah, yakni Jepang dan Thailand. Bila Jepang baru memiliki kaisar baru, Naruhito, Raja Thailand resmi dinobatkan menjadi pemilik singgasana sejak menggantikan posisi sang ayah, Bhumibol Adulyadej pada Oktober 2016.

Vajiralongkorn menjalani prosesi kerajaan yang diperkirakan menghabiskan sekitar Rp 309 miliar itu. Perayaan yang digelar selama tiga hari itu merupakan yang pertama dalam kurun waktu 70 tahun terakhir di Thailand.

Dilansir laman news.com. au, Raja Vajiralongkorn mengenakan Mahkota Kemenangan yang dimiliki kerajaan sejak 1782. Mahkota setinggi 66 cm itu memiliki berat 7,3 kilogram.

Selain dilapisi emas, mahkota tersebut juga dihiasi sejumlah berlian. Mahkota itu hanya satu dari beberapa tanda kebesaran kerajaan, termasuk Pedang Kemenangan Kerajaan dan Kipas Kerajaan yang melambangkan kekuasaannya.

Upacara utama dimulai sejak Sabtu, 4 Mei 2019. Raja Thailand itu mengenakan jubah putih sederhana saat menjalani satu dari tiga ritual utama untuk mentahbiskannya menjadi raja. Ia memasuki paviliun kecil di dasar Grand Palace untuk disirami air dari sejumlah sungai dan danau suci.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernikahan Kejutan

Selanjutnya, air lain diguyurkan kepadanya dari pipa air kerajaan. Ritual yang dikenal sebagai upacara pemurnian kerajaan itu diiringi dengan musik dari drum, kulit kerang, dan instrumen lainnya. Di luar istana, meriam ditembakkan sebagai tanda penghormatan kepada Sang Raja.

Sebelum menjalani beragam ritual kerajaan, Raja Vajiralongkorn mengumumkan pernikahannya yang keempat pada Rabu, 1 Mei 2019, dengan seorang mantan pramugari yang menjadi kepala pengawalnya.

Perempuan yang dinikahinya itu bergelar Ratu Suthida. Kabar yang disampaikan tepat sebelum penobatannya mengisyaratkan komitmen baru Vajiralongkorn atas tugas-tugas kerajaan.

Vajiralongkorn selama ini terkenal dengan reputasi sebagai playboy, sifat yang bahkan diakui ibundanya, Ratu Sirikit. Ia mengalami perceraian dengan tiga wanita yang memberinya tujuh anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.