Sukses

Indonesia Akan Jadi Pusat Fashion Muslim Dunia pada 2020

Kementerian Perindustrian terus berupaya mewujudkan Indonesia menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Gaung perkembangan fashion muslim belakangan ini memang kian terdengar. Fashion muslim terus melakukan transformasi dari gaya konservatif menjadi lebih kontemporer yang berjiwa muda.

Beragam faktor yang membuat fashion muslim terus berkembang. Dari munculnya banyak komunitas seperti Hijabers Community, Hijabers Mom, sampai diselenggarakannya beragam bazar, dan peragaan busana muslim.

Dampaknya kian terlihat. Jika dulu wanita berhijab lebih banyak wanita dewasa, saat ini hijab semakin dikenal dan digemari oleh wanita-wanita muda, bahkan remaja-remaja putri.

Tentu karena promosinya yang mengatakan kalau berhijab pun bisa tetap terlihat modis. Apalagi, mereka dapat berkreasi membentuk variasi hijab yang mereka inginkan.

Karena itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mewujudkan Indonesia menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia. Menurut rencana, Kemenperin akan mewujudkan, sekaligus mendeklarasikannya pada 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin dalam talkshow di pameran Inacraft, di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat. Minggu. 28 April 2019.

"Talkshow ini termasuk salah satu wujud komitmen Kementerian Perindustrian untuk mengawal Indonesia menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia. Berbagai kegiatan secara masif dilakukan oleh Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan industrifashion muslim Tanah Air," ucap Gati Wibawaningsih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi pasar yang besar

Kemenperin mendorong Indonesia menjadi pusat fashionmuslim dunia, yaitu dengan bekerja sama dengan seluruh desainer Tanah Air, untuk mengetahui kebutuhan pasar dan komunitas-komunitas yang ada.

Salah satu upaya yang dilakukan memberikan edukasi kepada masyarakat dan para pelaku industri fashion muslim di Indonesia adalah dengan mengadakan talkshow.

"Diharapkan dengan Indonesia menjadi pusat fashion muslim dunia, bisa mengembangkan industri fashion muslim dari mulai bahan baku, produksi, peningkatan kompetensi SDM sampai dengan promosi," terang Gati.

Indonesia termasuk salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, tentunya negara ini memiliki potensi industri dan pasar yang besar.

Berdasarkan The Global Economic Islamic Report 2018/2019, Indonesia berada pada urutan kedua sebagai negara yang melakukan pengembangan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.