Sukses

GenPI Papua Promosikan 2 Event Crossborder di JIC 2019

Business and Research Meeting agenda Jayapura International Conference (JIC) 2019 menjadi momen GenPi Papua untuk promosikan 2 event crossborder.

Liputan6.com, Jayapura Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Papua akan ambil bagian dalam Business and Research Meeting agenda Jayapura International Conference (JIC) 2019, 29-30 April. Dalam kegiatan itu, GenPI Papua akan mempromosikan 2 event crossborder, yaitu Festival Crossborder Skouw dan Festival Crossborder Keerom 2019.

JIC 2019 akan digelar di Swissbel-hotel Jayapura, Kompleks Pasifik Permai Dok II, Kota Jayapura, Papua. Tema yang diangkat adalah ‘Fostering Regional Economy, Tourism & Smart Border Cities’.

Ada 8 keynote speakers yang dihadirkan. Ada Walikota Jayapura dan Walikota Surabaya, CORE, University of Sydney, Institut Teknologi Bandung, hingga USAID IUWASH. Ada juga Junior Prestasi Indonesia, Bank Indonesia, dan Universitas Cenderawasih.

Koordinator GenPI Provinsi Papua Agus Jerry Aronggear mengatakan, JIC adalah event yang tepat untuk mempromosikan 2 festival crossborder di Papua.

“GenPI Papua akan ikut pameran di JIC 2019. JIC merupakan event besar. Pesertanya ada yang datang dari mancanegara. Event ini jadi momentum terbaik untuk mempromosikan Festival Crossborder Skouw dan Keerom sekaligus,” ungkap Jerry, Jumat (19/4).

Agenda JIC 2019 sangat padat. Hari pertama, Senin (29/4), menyajikan seminar sehari ‘One Day Conference on Economy, Tourism, and Smart Border Cities’. Narasumbernya ada 10 orang. Ada juga launching 2 buku dan gala dinner.

Hari berikutnya full digelar workshop dengan tema ‘Pertemuan Bisnis dan Penelitian International Jayapura’. Total ada 8 narasumber yang ditampilkan.

“Kami optimistis, respons besar akan diberikan publik bagi 2 festival crossborder di Papua. Secara umum, Festival Crossborder Skouw dan Keerom tahun ini sangat menarik. Ada nama besar yang dihadirkan di sana. Penyelenggaraan kedua event juga sebentar lagi,” jelas Jerry lagi.

Rencananya, Festival Crossborder Keerom (FC-Keerom) 2019 akan digelar 3-5 Mei 2019, di Lapangan Swakarsa, Waris, Kabupaten Keerom, Papua. Bintang tamunya Ras Muhammad, Corby-The Comen Rasta, XD Band, dan Mixmate Band asal Papua New Guinea (PNG). Ada juga parade Drum Band, Bazaar, hingga Kesenian Tradisional.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani mengatakan, JIC 2019 memiliki space besar untuk mempromosikan 2 festival crossboder di Papua.

Sedangkan Festival Crossborder Skouw 2019 akan dihelat 9-11 Mei. Lokasinya berada di PLBN Skouw, Jayapura, Papua. Event ini memberikan banyak kesegaran melalui aksi Ras Muhammad, Dave Solution, Vanimo Natives Band (PNG). Festival Crossborder Skouw 2019 juga menawarkan Festival Paduan Suara, Tari Tradisional, Games, dan Bazaar.

“JIC 2019 tentu akan menaikan popularitas 2 festival crossborder Papua. Apalagi, jarak waktu JIC dan festival crossborder berdekatan. Kami harap, peserta JIC bisa datang Keerom dan Skouw. Mereka bisa bergembira bersama menikmati pesta reggae,” kata Ricky.

Apresiasi disampaikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar meminta GenPI Papua untuk terus menyokong branding pariwisata Indonesia.

“Apresiasi bagi GenPI Papua. Branding festival crossborder di JIC sangat tepat. Dengan fungsinya, GenPI Papua ini harus terus mempromosikan seluruh potensi pariwisata Papua dan Indonesia pada umumnya,” tutup Menpar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini