Sukses

Manfaat Mengejutkan di Balik Asamnya Buah Kedondong

Bukan hanya buah pelengkap hidangan rujak, kedondong juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang tak disangka-sangka.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa asam ketika makan buah kedondong menyemburat ke seluruh bagian mulut. Memberikan efek ngilu pada gusi atau memejamkan mata seketika akibat rasa asamnya. Sebagian orang tidak menyukainya karena terlalu asam, tapi lainnya justru menyukai buah ini.

Kedondong biasa ditemui dalam rujak yang terdiri beragam buah-buahan. Di balik rasa asamnya yang khas, kedondong menyimpan bermacam-macam manfaat untuk kesehatan yang jarang diketahui dilansir dari laman Indo Indians. Berikut rangkumannya.

Meningkatkan Sistem Imun

Rasa asam dalam buah kedondong mengandung vitamin C yang sangat kaya. Vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan sistem imun. Selain itu, kedondong bisa memperbaiki kolagen dalam tubuh yang mempercepat penyembuhan luka.

Menyembuhkan Batuk

Tak hanya buahnya, daunnya pun bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan batuk. Rebus 3-4 daun dalam dua gelas air. Setelah matang, campurkan dengan madu agar lebih enak. Bisa pula dengan menggunakan buahnya. Setelah dipotong, peras buah dengan kain bersih. Setelah airnya keluar, masukan sedikit garam.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengobati Masalah Pencernaan

Kedondong yang kaya akan serat dapat memperlancar pencernaan. Jus kedondong dapat membatu penderita sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Kandungan airnya yang tinggi pun bisa mencegah dehidrasi dan membantu pencernaan.

Sumber Energi

Di balik rasanya yang asam ternyata kedondong mengandung gula yang tinggi dalam bentuk sukrosa. Alhasil, kedondong mengyediakan energi instan bagi yang mengonsumsinya. Dengan mengonsumsi kedondong bisa meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh Anda.

Menurunkan Berat Badan

Buah yang kerap kali tidak disukai orang ini ternyata dapat menurunkan berat badan. Kedondong terbukti rendah lemak, karbohidrat, dan tinggi serat. Nutrisinya pun sangat tinggi. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.