Sukses

Cara Simpel Bersihkan Sisik Ikan yang Keras

Jangan lagi bersusah-sudah, dengan sederet langkah berikut, bersihkan sisik ikan sekarang bisa lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah jadi berbagai masakan lezat nan menggugah selera. Di samping rasa yang enak, makanan satu ini juga dikenal kaya akan berbagai nutrisi baik untuk tubuh.

Seperti beberapa bahan lain, memasak ikan tak bebas dari tantangan. Hal-hal seperti bau amis, mudah meletup saat digoreng, juga pembersihkan sisik kadang jadi kendala tersendiri ketika memasak ikan.

Sementara bau amis ikan bisa diatasi dengan memberi perasaan air jeruk nipis, Anda bisa mengurangi letupan ikan goreng dengan mengurangi kadar minyak. Lalu, bagaimana cara membersihkan sisik ikan yang kadang bisa sangat keras?

Dirangkumkan Fimela.com, penggunaan air hangat disarankan untuk membersihkan sisik ikan. Caranya, rendam ikan di dalam air hangat yang telah diberi perasan air jeruk nipis dan sedikit taburan garam.

Rendam ikan kira-kira selama 5 menit, lalu mulai bersihkan sisik menggunakan pisau. Kerok sisik ikan dengan pisau yang agak dimiringkan. Letakkan ikan di atas talanan agar lebih mudah melakukan langkah ini.

Kemudian, cuci ikan di bawah air mengalir. Mencuci dengan cara ini memudahkan Anda tahu berapa besar bagian ikan yang sudah bersih dari sisik atau sebaliknya. Bersihkan sisik dengan hati-hati agar ikan tidak robek, apalagi hancur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspadai Sebab Sisik Ikan Bisa Jadi Sangat Keras

Kendati sisik ikan yang keras bisa diatasi dengan cara di atas, sebaiknya Anda juga tetap memperhatikan keadaan ikan saat dibeli. Pasal, ikan yang sudah tidak segar cenderung memiliki kondisi tubuh dengan sisik hampir mustahil dibersihkan.

Kalaupun berhasil, beberapa bagian sangat mungkin jadi hancur dan tektur daging tak lagi selembut saat kondisi ikan masih segar. Ikan yang sudah tak lagi segar juga rentan bau, beracun, bahkan mengalami penurunan nutrisi. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.