Sukses

Rahasia Membuat Bubur Sumsum Lembut yang Wajib Dicoba

Bagaimana cara membuat bubur sumsum lembut tanpa bau tepung? Simak rahasiannya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bubur sumsum menjadi salah satu kudapan yang populer di kalangan pecinta kuliner khususnya Tanah Air. Bubur sumsum dikenal memiliki tekstur yang lembut dengan paduan rasa manis juga gurih.

Lewat kombinasi rasa tersebut, tak jarang perut terasa kenyang selama beberapa jam ke depan. Selain itu, bubur sumsum biasanya dikonsumsi sebagai sarapan atau menu buka puasa saat Ramadan.

Bubur sumsum sendiri terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak hingga mengental, kemudian disiram dengan saus gula merah yang super legit.

Penasaran seperti apa cara membuat bubur sumsum yang super lembut dan bebas bau tepung? Yuk, simak selengkapnya dalam rangkuman Fimela.com di bawah ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Pemilihan Bahan

Bubur sumsum yang lembut berwarna putih bersih dan gurih bisa Anda dapatkan dengan langkah pemilihan bahan yang berkualitas. Pilih tepung beras, santan kelapa yang putih bersih. Jika memakai buah kelapa asli dan memarut hingga memerasnya sendiri, usahakan untuk mengupas bagian kulit daging kelapa.

Tak lupa memilih garam yang berkualitas pula. Sedangkan untuk gula merah, setelah dicairkan, usahakan untuk menyaring gula. Sebaiknya, tepung beras juga dijemur dan diayak terlebih dahulu untuk dapatkan tekstur bubur yang lebih lembut.

2. Larutkan Tepung Bersama Santan

Sebelum memasak, tepung beras dan santan perlu dilarutkan bersama. Campur kedua bahan hingga rata di wadah bersih. Jika sudah, bubur siap dimasak dengan api kecil saja.

3 dari 3 halaman

3. Mengaduk Bubur Saat Dimasak

Pastikan untuk mengaduk bubur secara terus menerus saat memasak bubur. Tambahkan daun pandan dan garam secukupnya. Aduk terus bubur hingga benar-benar matang. Pastikan memasak bubur dengan api kecil agar bubur matang merata, teksturnya lembut dan bebas bau tepung.

4. Sajikan dan Tambahkan Saus Gula

Jika bubur sumsum sudah matang, sajikan di mangkok kemudian siram dengan saus gula merah. Anda bisa menikmati bubur ini dalam keadaan hangat maupun dingin atau dengan es. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.