Sukses

6 Olahan Tempe Anti-Bosan, Mana Favorit Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Tempe merupakan olahan kacang kedelai yang difermentasi menggunakan kapang Rhizopus oligosporus atau biasa disebut ragi tempe. Makanan ini dikonsumsi semua kalangan karena harganya yang murah di kantong. Selain itu, tempe juga memiliki banyak manfaat.

Dikutip dari hellosehat.com, tempe memiliki protein yang lebih kaya dibandingkan daging. Kandungan kalsium saat memakan empat potong tempe pun setara dengan meminum susu sapi. Tak heran bila kalangan vegetarian memfavoritkan tempe sebagai menu makan harian.

Tempe sangat mudah ditemukan di pasar, tukang sayur, atau supermarket dalam beragam bentuk. Liputan6.com merangkau enam olahan tempe yang biasa dikonsumsi banyak orang untuk camilan atau lauk pendamping saat makan besar.

 

1. Tempe Mendoan

Makanan khas Banyumas ini banyak dijual di mana-mana. Rasa yang gurih dan tekstur khas yang lembut membuat mendoan cocok dijadikan camilan atau teman makan bersama nasi panas.

2. Tempe Goreng

Tempe goreng sangat mudah dibuat. Bisa dengan cara hanya dibumbui dengan garam dan bawang putih, bisa pula dibalut dengan bumbu tepung. Tempe goreng cocok dijadikan lauk untuk makan.

3. Keripik Tempe

Camilan ini biasa dijadikan buah tangan dari beberapa daerah di Indonesia seperti Kota Bandung dan Kota Malang. Teksturnya yang renyah dan gurih bisa membuat ketagihan.

2 dari 2 halaman

Olahan Tempe

4. Steak Tempe

Anda vegetarian? Steak tempe cocok dikonsumsi untuk pengganti daging. Rasa bumbu steak serta tekstur tempe yang unik membuat orang bisa terkelabui bahwa ia sedang memakan tempe.

5.Tempe Bacem

Tempe khas Yogyakarta ini memiliki warna yang pekat dan rasa manis yang khas. Tak lengkap bila melancong ke kota pelajar tanpa mencoba olahan tempe ini.

6. Tempe Orek

Olahan tempe ini banyak dijual di warteg. Anda pun bisa membuat sendiri di rumah dan diatur sesuai selera, seperti ditambahkan teri. Tempe orek biasa dibuat pedas, manis, atau pun pedas manis. Mudah dibuat dan ramah di kantong. (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rahasia Mengolah Sashimi Supaya Tidak Amis
Artikel Selanjutnya
Perjuangan di Balik Kelezatan Mi Aceh Seulawah yang Diracik dari 24 Rempah