Sukses

Keistimewaan Manuka, Madu Mahal Asal Selandia Baru

Harga madu manuka asal Selandia Baru yang paling murah sekitar Rp 200 ribu untuk ukuran 250 gram.

Liputan6.com, Jakarta - Selandia Baru kini sedang jadi sorotan seantero jagat usai aksi teror penembakan di masjid bernama Al Noor Mosque, Kota Christchurch, pada Jumat, 15 Maret 2019. Tragedi memilukan ini terjadi sesaat akan dilaksanakan salat Jumat.

Namun di sisi lain, Selandia Baru juga populer dengan produksi madu yang memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh bernama Manuka. Melansir discover.manukahealth.co.nz, Jumat, 15 Maret 2019, Manuka berasal dari nektar bunga semak Manuka (Leptospermum scoparium).

Madu Manuka sendiri merupakan kombinasi nektar dari bunga Manuka dan lebah yang memberikan madu ini khasiat unik. Di lingkungan bersih Selandia Baru, lebah madu yang pandai mengubah nektar dari pohon Manuka asli menjadi Manuka yang langka juga luar biasa.

Lantas, apa yang membuat Manuka berbeda dari madu lainnya? Tumbuh di daerah terjauh dan terpencil di Selandia Baru, madu Manuka hanya dapat dibuat dalam waktu singkat sekitar enam minggu setahun saat tanaman berbunga.

Jumlah madu yang dihasilkan sangat bervariasi tergantung pada kondisi cuaca dan berapa banyak madu. Madu ini madu pertama yang diteliti secara luas dan diakui karena kalitasnya yang luar biasa.

Setelah penelitian yang memakan waktu bertahun-tahun, para ilmuwan menemukan 'bahan manuka ajaib' atau yang disebut methylglyoxal (MGO). Ini adalah senyawa alami yang kuat dalam madu Manuka yang kini dikenal sebagai indikator langsung potensi madu.

Sejumlah besar penelitian menyebut madu Manuka memiliki banyak penggemar setia di seluruh dunia. Masukan yang diterima pun menyebut bahwa Manuka sebagai obat kesehatan musim dingin, suplemen alami, dan makanan natural alternatif.

Cara terbaik untuk menikmatinya adalah langsung dari sendok, tetapi juga dapat menggantikan madu biasa dalam teh atau kopi. Bisa juga ditambahkan dalam makanan seperti sereal, yogurt, dan smootie.

Madu Manuka tersedia dalam berbagai varian dan ukuran. Madu ini dibanderol dengan harga mulai 20 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 195 ribu hingga 199 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 1,9 juta. Ada pula MGOâ„¢ 1000+ Manuka Honey - Limited Release seharga 270 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 2,6 juta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.