Sukses

Kain Jumputan dan Motif Ikan Koi di Palembang Fashion Week

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya kain songket, Palembang juga memiliki jumputan yang digemari milenial. Kain yang dihasilkan dengan teknik jumputan celup dan ikat ini memang kembali menjadi tren fashion dunia lewat tie dye.

Seperti yang ditampilkan Brilianto, brand asal Palembang dalam penutupan pagelaran fashion terbesar di Sumatera Selatan Palembang Fashion Week. Brilianto menjadi salah satu dari 10 desainer lokal yang menutup event yang sudah diadakan ke-6 kali di Palembang Icon pada 10 Maret 2019.

Dengan tema Urbanation, Brilianto hadir dengan koleksi ready to wear yang fokus pada kain pelangi atau kain jumputan dengan beragam motif yang menjadi signature-nya. Mereka berinovasi pada kain jumputan dengan teknik pleats untuk menghasilkan efek kerut dan lipit pada kain.

Mereka juga menambahkan material silk dan satin dengan metode pewarnaan campuran natural yang berasal dari alam dan kimia. Proses pewarnaan dimulai dari kain putih polos dengan warna natural seperti warna ungu yang berasal dari daun jati dan warna biru dari pewarna alam indigo.

Brilianto menciptakan motif baru yaitu ikan koi yang melambangkan keberuntungan untuk mempertahankan filosofi dan motif asli Palembang.

Motif koi tersaji apik lewat potongan outer serta blouse asimetris, jaket bomber, dan celana serta rok lebar yang kasual dan dinamis khas milenial.

Presentasinya terlihat sporty dan muda berkat aksesori bucket hat serta kaus kaki berwarna senada. Namun tetap dengan benang merah untuk mengangkat kain jumputan dalam motif ikan koi yang menawan.

2 dari 2 halaman

Busana Muslim Songket

Tak hanya kain jumputan, songket dan Jupri Palembang juga menjadi pilihan dari desainer, butik, dan brand yang menutup event PFC.

Di antaranya Grab x Sakchin Oey Couture by Selly, Rumah Hijrab by Andien, Adis Karim by RSA, HYS by Hilda Amalia, NC Butik Muslim by Novita, Anny Kebaya, Yulieza Tenun, Rumah Butik Emi, dan Lentera by Hj Ratu Anita Soviah.

Seperti Sakchin Oey by Selly yang berkolaborasi dengan Grab menampilkan kain songket khas Palembang dalam bentuk tiga dimensi dengan memadukannya dalam kimono dan yukata.  Grab ikut serta dalam PFW 2019 sebagai bentuk dukungan terhadap pariwisata Wonderful Indonesia.

Sedangkan NC Butik Muslim by Novita menyajikan beragam busana muslim yang menggunakan batik Jupri khas Palembang yang dibuat sendiri. Koleksi mereka didominasi dengan warna alam seperti cokelat, hitam dan hijau.

"PFW membuat Palembang Icon sebagai mal fashion bagi masyarakat Palembang yang mencari tren, mode, dan gaya terkini untuk mengikuti gaya fashion kehidupan perkotaan," ucap Chief Marketing Officer Lippo Malls Indonesia Danny Crayton.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pesan Kartika Affandi untuk Perempuan Indonesia
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Ide Menu Bekal Makan Siang Berbahan Dasar Taoge
Artikel Selanjutnya
3 Manfaat Penting Pendinginan Usai Olahraga