Sukses

Berburu Karya Seni Khas Bali dari 5 Pasar Seni

Jangan hanya berwisata ke pantai, koleksi juga karya seni khas Bali dari pasar seni ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bali memang terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantai. Cagar budaya seperti bangunan bersejarah pun banyak ditemukan di Pulau Dewata. Tak heran pulau ini selalu banjir akan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kekayaan Bali tidak terbatas di tempat wisata saja, tetapi juga karya seninya yang beragam. Suvenir yang kita jumpai di daerah tempat wisata pun kental dengan nuansa seni khas Bali. Karya seni tersebut pun bisa kita beli sebagai koleksi kita maupun oleh-oleh buat orang terkasih.

Bali pun menawarkan beberapa pasar yang menjual karya seni yang beragam. Dikutip dari buku Pesona Wisata Belanja Indonesia dari Pesona Indonesia, ada lima pasar yang bisa dikunjungi untuk berburu karya seni khas Bali.

1. Pasar Seni Kuta

Bila kamu sedang bermain-main di Pantai Kuta, jangan lupa berburu karya seni di Pasar Seni Kuta yang berlokasi di dekatnya. Pasar yang buka sekitar pukul 8 pagi ini menawarkan ragam kerajinan seni mulai dari patung ukiran, lukisan, dan kaus.

Kaus yang dijual di pasar ini sering menjadi sasaran turis asing, terutama yang berbahan katun tipis atau rayon. Gambar dan motif kaus yang dijual pun beragam, mulai dari motif yang khas dengan Balinya hingga kaus yang bergambar logo bir lokal. Turis asing membeli kaus-kaus ini untuk dipakai selama berlibur di Bali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pasar Kumbasari

Berlokasi di Jalan Sulawesi, pasar ini dikenal sebagai pasar grosiran. Suvenir berupa barang kerajinan yang sering kamu jumpai di beberapa tempat di Bali banyak dibeli dari pasar ini. Pasar ini tak hanya menjual pakaian dan aksesoris mote, tapi juga menawarkan patung, ukiran, mebel, dan pernak-pernik dekorasi rumah.

3. Pasar Badung

Pasar yang terletak dari Pasar Kumbasari ini menawarkan ragam benda seni khas Bali mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga perlengkapan untuk upacara adat Bali. Di pasar ini juga, kamu bisa menemukan kuliner dan bahan masakan khas Bali, seperti bokor Bali dan Kopi Bali.

Garmen khas Bali pun dijual di pasar yang berlokasi di Jalan Gajah Made ini, terlihat dari koleksi kaus dan celana pantai yang dijual. Di Jalan Sulawesi yang tak jauh dari pasar ini, ada pula pasar yang menjual kain kebaya dan pakaian tradisional Bali.

 

3 dari 3 halaman

4. Pasar Sukawati

Terletak di perbatasan kota Denpasar dan Gianyar, pasar ini sangat terkenal di kalangan wisatawan domestik. Pasar ini menyediakan beragam karya seni, mulai dari kain pantai, pakaian dengan motif Bali, tas anyaman Bali, sandal mote, lukisan-lukisan Bali serta patung dan ukiran Bali. Bila kamu ingin proses tawar-menawar yang lebih mudah, sebaiknya kunjungi pasar ini di pagi hari, saat pasar masih sepi dari pengunjung.

5. Pasar Ubud

Ingat film Hollywood "Eat, Pray, Love" yang dibintangi oleh Julia Roberts? Pasar yang berlokasi di depan Puri Agung Saren Ubud ini pernah menjadi lokasi syutingnya. Tak hanya kerajinan seni Bali seperti tas anyaman, pakaian tradisional Bali hingga patung, pasar ini juga menyediakan aneka jajanan pasar sebagai pengisi perutmu.

(Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.