Sukses

Cerita Akhir Pekan: 6 Komunitas Olahraga Seru di Jakarta dan Sekitarnya

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh sehat dan kuat tentu menjadi idaman banyak orang. Untuk mencapai itu semua diperlukan pola hidup yang sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga.

Sayangnya, tak semua orang mampu untuk melakukannya karena berbagai alasan seperti karena sibuk bekerja, banyak kegiatan lain, ataupun karena malas. Olahraga pun hanya jadi sekedar wacana. Mungkin ada cara lain agar kita lebih termotivasi, misalnya dengan mengajak teman, keluarga atau bergabung dalam komunitas olahraga tertentu.

Tak usah khawatir, kini sudah banyak komunitas olahraga bermunculan di Indonesia. Dilansir dari beragam sumber, berikut enam komunitas olahraga di kawasan Jakarta dan sekitarnya yang mungkin bisa membuat Anda semakin bersemangat untuk berolahraga.

Indo Runners

Indorunners adalah komunitas penggemar olahraga lari yang dibentuk pada 2009 dan termasuk komunitas terpopuler di Indonesia. Indorunners yang sudah punya komunitas di berbagai kota di Indonesia ini bertujuan mempopulerkan lari sebagai olahraga yang menyenangkan.

Komunitas ini cukup sering menggelar acara dan aktif mengikuti beragam perlombaan lari. Mereka yang berada di Jakarta punya sejumlah kegiatan rutin seperti “Thursday Night Run” yang digelar tiap Kamis pukul 19.30 WIB dan “Sunday Morning Run” mulai pukul 06.30 WIB pada Minggu yang biasanya dimulai dari FX Senayan, Jakarta. Untuk lebih jelasnya bisa Anda buka akun Instagram @indorunners.

Yoga Gembira

Ada anggapan yoga adalah olahraga mahal. Hal itu bikin banyak orang malas melakukan yoga. Padahal, ada komunitas yoga yang bikin kelas gratis buat semua orang, yaitu komunitas Yoga Gembira.

Komunitas ini merupakan sekumpulan praktisi yoga yang punya misi bikin banyak orang gembira dengan membawa nilai-nilai yoga dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Yoga Gembira rutin mengadakan pelatihan di ruang terbuka untuk lebih mendekatkan diri ke alam.

Kalau tertarik, Anda bisa langsung datang ke Taman Menteng setiap Minggu jam 7 pagi dengan mengenakan pakaian olahraga dan membawa matras serta niat untuk sehat. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di akun Instagram @yoga_gembira.

2 dari 3 halaman

Indo Sweat Camp

Freeletics merupakan olahraga yang berawal dari media sosial (medsos). Olahraga ini tak perlu alat dan gerakan yang rumit, hanya matras olahraga, tapi bisa bikin badan jadi ideal.

Setiap latihan, Anda diberikan misi untuk diselesaikan. Misinya antara lain seperti push up, sit up, burpees, squats, dan yang lainnya, dilakukan dengan hitungan waktu. Komunitas freeletics sudah banyak tumbuh di berbagai daerah termasuk di Jakarta yang bernama Indosweatcamp.

Komunitas ini dipopulerkan oleh penyanyi Andien pada 2014. Di Jakarta, acara olahraga bareng komunitas ini biasanya diadakan di Gandaria City atau Taman Kerinci, Jakarta Selatan. Anda bisa melihat informasi komunitas ini di akun Instagram @indosweatcamp.

Arrohmah Archery Center

Ada beberapa komunitas panahan yang juga menjadi tempat belajar olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade ini. Salah satunya adalah Arrohmah Archery Center (AAC) yang sudah dirintis sejak 5 Maret 2016 dari beranda sebuah masjid di bilangan Ciputat Timur.

Saat ini, AAC sudah memiliki area panahan yang lebih luas dan aman yang berlokasi di Southcity - Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Klub yang punya slogan Enforce Sunnah with Archery ini bertujuan menghidupkan kembali sunah memanah dan melahirkan atlit-atlit panahan baru. Olahraga memanah juga bisa bisa melatih setiap individu untuk menang, berani, fokus, dan melatih logika.

Komunitas ini terbuka bagi siapa saja dan semua kalangan termasuk yang belum pernah belajar memanah. Kalau Anda ingin bergabung bisa datang langsung tiap Sabtu atau Minggu pagi di Southcity Archery Range, atau bisa melihat informasinya di akun Instagram @arrohmaharcherycenter.

3 dari 3 halaman

Jakarta Swim Community

Buat penggemar olahraga renang, ada komunitas Jakarta Swim Community yang dibentuk sejak Desember 2014. Awalnya, komunitas ini terbentuk di Beetalk dengan nama Jakarta Swim Club, tapi kemudian berganti jadi komunitas yang terbuka bagi siapa saja.

Komunitas ini didirikan bagi Anda yang tidak suka renang. Dengan berenang bersama, selain tubuh jadi lebih sehat kita juga bisa menambah teman dan wawasan.

Tempat kumpul mereka biasanya diadakan di beberapa kolam renang atau tempat yang punya kolam renang di wilayah Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut bisa Anda lihat di akun Instagram @jakartaswimcommunity. 

Bintaroloop

Buat penggemar olahraga sepeda yang tinggal di kawasan Bintaro atau Jakarta Selatan termasuk beruntung, karena punya kawasan khusus untuk gowes. Di sekitar Bintaro, ada area yang biasa dipakai nge-loop (berputar) dan kemudian terbentuklah komunitas bersepeda Bintaro Loop alias Binloop.

Mereka yang berlatih di sana tidak mau disebut sebagai klub sepeda, tapi komunitas tidak mengikat yang sama-sama latihan di Bintaro. Menurut Toto Sudarsono, koordinator Binloop, di sana, siapa pun, apa pun klubnya, tidak peduli merek sepedanya --ada road bike, TT, MTB, fixie, semuanya-- boleh datang latihan. Ada dua pilihan rute memutar (loop), yaitu sembilan kilometer dan 13 kilometer.

Komunitas sepeda yang sudah ada sejak 2013 ini rutin menggelar kegiatan tiap Selasa, Kamis dan Sabtu mulai jam 5.45 pagi. Anda bisa melihat berbagai kegiatan dan informasi mereka di akun Instgaram @bintaroloop_official.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemilik Nama Agus di Yogyakarta Kumpul Saat Upacara 17 Agustus
Artikel Selanjutnya
Rayakan Hari Jadi ke-4, TIOCI Sumbang Ratusan Bibit Pohon