Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Bakal Jadi Tren 2019, Simak 5 Cara Memilih Sepatu Bot

Jakarta - Sepatu bot diyakini akan kembali hits di dunia fesyen pada 2019. Ini terbukti dengan beberapa selebritas ternama mengenakannya kembali, sebut saja aktris Amerika Jennifer Connolly, desainer Inggris Alexa Chung, dan masih banyak model lainnya.

Sepatu bot bisa jadi pilihan gaya baru untuk penampilan Anda di tahun ini. Bot adalah sepatu yang bisa dipadupadankan dengan berbagai gaya pakaian, baik kasual maupun formal.

Tertarik untuk menambah bot ke dalam koleksi sepatu di rumah? Dilansir dari Antara, Kamis (10/1/2019) dan keterangan resmi dari Timberland, berikut lima kiat dalam memilih sepatu bot untuk Anda.

Ukuran yang tepat

Ukurlah panjang, lebar, dan lengkungan kedua kaki Anda, karena ukuran kanan dan kiri tidak selalu identik. Selain itu, sebaiknya Anda mencoba dan membeli sepatu pada sore atau malam hari.

Alasannya, karena setelah beraktivitas seharian, ukuran kaki akan sedikit membesar. Jangan lupa gunakan kaus kaki saat mencoba bot untuk memastikan sepatu tetap nyaman walaupun dilapisi kaus kaki tebal.

Sol yang nyaman

Sol adalah bagian dalam sepatu yang menyentuh telapak kaki. Sol yang bagus menyangga setiap bagian dari kaki namun tetap fleksibel mengikuti gerakan kaki.

Saat mencoba sepasang bot, berjalanlah di sekitar toko agar bisa merasakan seberapa nyaman kaki saat bergerak. Sol yang bagus menyangga setiap bagian dari kaki namun tetap fleksibel mengikuti gerakan kaki.

Selain berjalan, berdirilah di ujung jari kaki untuk mengetahui apakah jari-jari kaki mempunyai cukup ruang untuk merenggang keluar atau malah terbentur di ujung dan atas sepatu. Bot yang bagus akan mencengkeram tumit dengan pas agar bisa berjalan dengan nyaman.

2 dari 2 halaman

Tes Kelenturan

Anda juga harus mengetes kelenturan bagian luar dan atas bot karena karena ini akan mempengaruhi kenyamanan. Tes bisa dilakukan dalam empat cara, yaitu menekuk toe box alias bagian depan sepatu di mana jari-jari berada, ke atas.

Bot harus cukup fleksibel untuk menekuk sedikit, tapi tidak sampai setengah sepatu. Periksa juga apakah ada penyangga untuk bagian lengkungan kaki. Terakhir, pilih bot yang mempunyai hak yang lebar dan tebal karena ini akan membantu menjaga keseimbangan.

Bagian luar tahan air

Sepatu bot termasuk sepatu yang bisa digunakan untuk kegiatan di dalam dan di luar ruangan. Kalau Anda banyak beraktivitas di luar ruangan, pastikan pilih bot yang bagian luarnya tahan air. Dengan begitu Anda dapat menggunakan bot dalam cuaca apa pun, baik saat cerah atau hujan.

Terbuat dari kulit atau sintetis

Pada umumnya sepatu bot terbuat dari kulit atau bahan sintetis, termasuk bahan berteknologi tinggi seperti Cordura yang tahan dari goresan.

Bahan kulit seiring waktu akan menyesuaikan dengan kaki tapi perawatannya harus lebih seksama supaya tidak kering dan pecah. Sedangkan bahan sintetis lebih mudah dirawat tapi tidak akan seelegan sepatu bot klasik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sepatu Rp180 Ribu yang Dipakai Kate Middleton di Pakistan Ludes Terjual
Artikel Selanjutnya
Berdesain Spiritual, 'Sepatu Yesus' Seharga Rp 42 Juta Ludes dalam Sekejap