Sukses

Kisah Penciptaan dan Penyebaran Tahu, Seperti Apa?

Seperti apa cerita di balik awal mula hadirnya tahu dan penyebarannya seantero dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Tahu merupakan sumber protein nabati yang dapat diolah menjadi beragam sajian. Meski sangat familiar, namun ternyata tahu bukan makanan asli Indonesia, melansir dari unicurd.com, Senin, 10 Desember 2018, tahu berasal dari Tiongkok.

Beberapa pendapat menyebut tahu diciptakan di Tiongkok Utara sekitar tahun 164 sebelum Masehi oleh pangeran Liu An. Ia merupakan pangeran dari kota Huainan selama Dinasti Han. Huainan adalah daerah penghasil kacang kedelai yang melimpah.

Di sisi lain, ada pula pendapat yang menyampaikan tahu tercipta secara tidak sengaja ketika bubur kedelai bercampur dengan air garam laut murni hingga membentuk tahu.

Namun, pendapat lain menyebut bahwa tahu dibuat oleh orang-orang Tionghoa kuno dengan cara mengentalkan susu kedelai. Teknik tersebut sebagai cara yang ditiru dari teknik menyimpan susu orang India dan Mongol.

Pendapat ini kian diperkuat dengan adanya sebutan tahu di Tionghoa, yakni doufu atau tahu yang mirip dengan istilah fermentasi susu khas Mongolia bernama rufu.

Sementara itu, tahu mulai menyebar di luar Tiongkok pada masa Dinasti Tang. Tahu masuk ke Jepang yang dikenal dengan istilah tofu, lalu tahu menyear ke berbagai negara seperti Korea, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia.

Tahu di negara barat diproduksi pertama kali pada 1880 oleh orang Perancis bernama Pailieux. Sejak itu, mulai muncul berbagai perusahaan tahu di San Fransisco, California dan wilayah lainnya. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.