Sukses

Rossa Akui Bangga dengan Pariwisata Indonesia dan Kemenpar

Liputan6.com, Batam Penyanyi Rossa mengaku bangga dengan pariwisata Indonesia dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Menurutnya, kementerian di bawah komando Arief Yahya melakukan promosi dengan masif dan tak sekadar slogan.

"Saya salut banget ya dengan Kemenpar di tangan pak Arief Yahya. Karena pariwisatanya benar-benar bukan hanya menjadi slogan saja, tapi banyak banget disosialisasikan dengan baik keindahan budaya dan alam kita di luar negeri. Promosinya bukan hanya slogan, saya salut banget," ujar Rossa.

Hal tersebut ia sampaikan menjelang konser Wonderful Fest, di Gedung Sumatera Batam, pada Sabtu (8/12/2018). Konser ini merupakan salah satu program Kemenpar dalam menyasar wisatawan perbatasan atau biasa disebut dengan crossborder.

Rossa juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar yang sering berkolaborasi dengan dirinya dalam melaksanakan event-event di perbatasan.

"Saya juga bangga karena saya menjadi bagian usaha Kemenpar dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dan juga wisatawan nusantara," ucapnya.

Rossa mengaku percaya diri dengan promosi pariwisata Indonesia karena saat ini di mancanegara sudah sangat banyak branding Indonesia di tempat-tempat vital.

"Saya bangga branding kita ada di Eropa, Paris, Shanghai. Saat saya di Shanghai saja, semua orang bercerita soal branding Kemenpar yang ada di tempat-tempat keren di Shanghai. Jadi, saya merasa bangga menjadi bagian dari ini semua," kata wanita yang juga menjadi penyanyi jingle Kemenpar, Pesona Indonesia, tersebut.

Saat ditanya tentang prestasinya di Big Apple atau New York, Rossa mengucapkan syukur yang mendalam. Kata ibu satu anak ini, semoga prestasinya di kancah internasional bisa ikut meningkatkan branding Wonderful Indonesia di mata dunia.

"Mudah-mudahan dengan prestasi yang didapat dari pihak lain ini membuat saya sebagai pelaku seni mampu mengangkat apa saja yang melekat kepada saya. Saya senang sekali,"ujar Rossa.

Seperti diketahui, pemilik nama asli Sri Rossa Roslaina Handiyani tersebut kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini Rossa menyabet penghargaan The Best Indonesia Artist dari Big Apple Music Award (BAMA) 2018. Penghargaan diberikan di Dolby Theater Hollywood, Amerika Serikat, pada 23 November 2018.

Pesona Indonesia adalah brand milik Kementerian Pariwisata. Brand ini juga kerap dibawa Kementerian Pariwisata ke luar negeri, tepatnya dengan nama Wonderful Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata turut bangga dengan keberhasilan Rossa.

“Rossa itu luar biasa. Seorang penyanyi yang sangat profesional dan sarat prestasi. Ia juga turut memiliki andil dalam promosi pariwisata Indonesia, tepatnya dengan menyanyikan lagu Pesona Indonesia. Lagu yang semakin melekat untuk urusan pariwisata. Asal tahu saja, Rossa tidak meminta bayaran untuk menyanyikan lagu itu,” ucap Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Bagi Rossa sendiri, penghargaan dari BAMA bukanlah hal baru. Pada 2017, ia mendapatkan gelar The Best Indonesia Singer. Rossa juga pernah menyabet penghargaan bergengsi lainnya, seperti The Best Indonesia Singer 2017 by Wonderful Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata.

Kemudian, The Best Female Singer Dahsyat Awards 2017, Global Leadership Awards Celebrity of The Year (2017), Insert Fashion Awards 2017 Most Fashionable Woman (2017), The Most Favorite Singer by Insert 14th Anniversary 2017, The Most Inspiring Singer by MNC Lifestyle 7th Anniversary, The Most Consistent Indonesian Female Singer by 17th iRadio (2018), dan The Best Female Singer by SCTV Music Awards (2018).

Rossa juga termasuk penyanyi Indonesia yang sangat dikenal di Malaysia. Bahkan, ia menjadi satu-satunya penyanyi asal Indonesia yang mendapat gelar kehormatan Dato dari Pahang. Gelar itu kemudian ditingkat menjadi Dato Sri.

Bukti ketenaran Rossa di Malaysia bisa dilihat dari konser-konsernya yang selalu sold out. Misalnya, konser CeritaCinta yang digelar pada 2009 di tujuh kota di Indonesia dan di Kuala Lumpur Malaysia serta konser Melodi Cinta pada 2010 di Stadium Putra Bukit Jalil / Axiata Arena Kuala Lumpur.

Tidak hanya di Malaysia, konser Rossa di Singapura juga selalu sold out. Seperti konser Harmoni Cinta pada 2011 di Esplanade – Singapura, dan The Journey of 21 Dazzling Years pada 2017 di tempat yang sama.

Deretan prestasi yang ia raih tidak lepas dari deretan lagunya yang menjadi popiler. Dimulai dengan lagi Nada-nada Cinta pada 1996 yang membuat nama Rossa mulai dikenal di Tanah Air.

Namun, kariernya melesat saat lagu Tegar dirilis 1999. Album ini meraih 4x Platinum Award. Belum lagi lagu Ayat-ayat Cinta yang sangat sukses di pasaran.

Kesuksesan tersebut turut membuat Arief bangga. Menurutnya, Rossa adalah sosok profesional.

“Rossa sosok yang luar biasa dan ia membuktikan kecintaannya dengan Indonesia. Khususnya dengan pariwisata Indonesia. Ia ingin berbuat sesuatu untuk negara. Itulah yang membuatnya bersedia menyanyikan lagu Pesona Indonesia tanpa meminta bayaran,” kata Arief.

Menurutnya, dengan segudang prestasi yang diraih Rossa di dalam dan luar negeri, Indonesia sudah pasti bangga.

“Sukses terus buat Rossa. Teruslah berkarya dan membawa nama baik Indonesia di mancanegara,” ujar Arief.

 

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Festival Sisingaan 2018 Akan Hibur Masyarakat Subang
Artikel Selanjutnya
Festival Crossborder di Mota'ain Tampilkan Banyak Kemeriahan