Sukses

Peserta Famtrip Danau Toba Kunjungi Dua Desa Wisata di Samosir

Pada hari kedua, Kamis (29/11), seluruh peserta Familiarization Trip (Famtrip) diajak menyeberangi Danau Toba menggunakan kapal khusus penumpang dengan tujuan mengunjungi dua desa wisata di Pulau Samosir.

Liputan6.com, Samosir Keseruan Familiarization Trip (Famtrip) Promosi Destinasi Prioritas Danau Toba di Medan dan sekitarnya, berlanjut. Pada hari kedua, Kamis (29/11), seluruh peserta diajak menyeberangi Danau Toba menggunakan kapal khusus penumpang. Tujuannya adalah mengunjungi dua desa wisata di Pulau Samosir.

Desa Ambarita jadi pemberhentian pertama. Kunjungan diarahkan ke Huta Siallagan. Di desa ini, para peserta diajak mengenal rumah adat khas Batak Toba. Lengkap dengan atribut yang melekat di bangunannya.

Yang menjadi guide para peserta famtrip di Ambarita adalah Gading. Ia adalah keturunan ke-7 dari Raja Siallagan. Pria tua itu mampu menjelaskan dengan gamblang situasi di kampungnya.

“Jadi rumah-rumah adat yang ada di Siallagan ini sudah tidak terlalu asli. Karena bagian atapnya terbuat dari seng. Seharusnya dari ijuk. Tetapi. Bagian lain dari rumah-rumah ini masih asli. Kayu-kayu yang digunakan tidak berubah,” terang Gading.

Menariknya, peserta famtrip juga bisa melihat bagian dalam rumah adat Batak. Mereka pun mendapatkan pengetahuan mengenai kehidupan masyarakatnya. Khususnya di Huta Siallagan

Usai menerangkan budaya Batak, Gading lantas mengajak seluruh peserta famtrip untuk Manortor alias menari Tor Tor bersama-sama. Tak ketinggalan dengan iringan boneka legendaris, Sigale-Gale. “Semua pakai ulos, kemudian ikuti gerakan saya. Kita manortor bersama-sama,” ajak Gading.

Ajakan ini disambut sangat antusias oleh para peserta famtrip. Dengan penuh canda, mereka mengikuti setiap gerakan. Atraksi manortor bersama ini sukses menarik wisatawan mancanegara yang sedang berada di Huta Siallagan.

Namun, menari dengan Sigale-Gale ini bukan akhir dari perjalanan. Peserta kemudian dikenalkan dengan hukum adat yang berlaku dimasa lalu. Termasuk hukum pancung.

“Kesalahan tentu berbeda. Kesalahan kecil bisa dimaafkan. Atau ada juga ganti rugi. Tapi kejahatan berat tentu akan mendapatkan hukuman berat. Dan kesalahan yang tidak bisa diampuni akan berakibat hukum pancung,” jelasnya.

Dari Ambarita, perjalanan dilanjutkan ke Desa Tomok. Dari Pelabuhan Tomok, para peserta famtrip diajak mengunjungi Makam Raja Sidabutar. Namun, peserta tidak berada lama di sini. Setelah mendapatkan panduan dari guide Yanti Purba, rombongan langsung bergerak.

Bagi Kepala Sub Bidang Pemasaran Area I Regional I Kementerian Pariwisata Alfin Merancia, kunjungan ke dua desa di Ambarita dan Tomok sangat bermanfaat. Karena peserta famtrip sebagian besar berisi travel agent dan travel operator. Mereka bisa melihat langsung destinasi yang akan ditawarkan ke wisatawan.

“Kebudayaan Batak yang mereka dapatkan sangat lengkap. Dari unsur rumah adat, budaya, dan juga perjalanan sejarahnya. Yang lebih menyenangkan, di dua desa wisata yang kita kunjungi ada wisatawan mancanegaranya. Hal ini bisa meyakinkan travel agent jika Danau Toba memang sangat potensial,” paparnya.

Dijelaskan Alfin, pariwisata turut mengubah pola pikir masyarakat. Mereka lebih kreatif untuk menjaring wisatawan.

“Seperti tari Tor Tor dan Sigale-Gale kini banyak pilihan. Karena masyarakat sudah menjadikannya sebagai atraksi untuk menjaring wisatawan. Kita pun berharap dengan cara ini budaya Batak tetap terjaga. Dan semakin dikenal,” katanya.

Hal serupa disampaikan Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh.

“Hal yang sangat bagus. Saat peserta famtrip yang terdiri dari TA/TO hadir, ternyata ada wisatawan mancanegara yang berkunjung. Tentu kita berharap TA/TO bisa melihat potensi Danau Toba. Karena memang sudah menjadi tujuan wisata internasional,” jelasnya.

Dukungan juga diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Budaya itu semakin dilestarikan akan semakin menghasilkan. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata mendukung upaya mengenalkan budaya Batak. Khususnya sekitar Danau Toba. Karena, Danau Toba adalah destinasi prioritas,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini