Sukses

Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar, Kamu Wajib Tahu Nih

Cara membersihkan wajah yang benar masing-masing berbeda di setiap jenis kulit.

Liputan6.com, Jakarta Mencuci wajah adalah ritual yang selalu dilakukan setiap hari. Nggak hanya dapat membersihkan wajah dari segala kotoran, dengan mencuci wajah juga dapat membuat wajah terasa lebih segar. Tapi, apakah kamu sudah membersihkani wajahmu dengan cara yang benar?

Membersihkan wajah pada umumnya terlihat sederhana. Kamu hanya perlu membasahi muka terlebih dahulu, menuangkan sabun pembersih ke telapak tangan, menggosoknya ke permukaan wajah, lalu dibilas dengan air sampai bersih. Namun sebelumnya, kamu perlu mengetahui bahwa tidak semua cara membersihkan wajah yang benar itu sama bagi semua orang. Cara membersihkan wajah yang benar masing-masing berbeda di setiap jenis kulit.

Berikut cara membersihkan wajah dengan benar seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (01/12/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar

Biar nggak salah kaprah, kamu harus tahu cara membersihkan wajah dengan benar.Berikut cara membersihkan wajah yang perlu kamu ketahui untuk tercapainya misi memiliki wajah bebas kusam. Nah, tapi sebelum memulainya, ingatlah untuk membersihkan tangan terlebih dahulu.

1. Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air.

Cara membersihkan wajah yang pertama dengan membersihkan makeup. Berpikir bahwa mencuci wajah dengan sabun sudah cukup untuk menghilangkan makeup? Kamu keliru. Membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover. Untuk membersihkan makeup mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, kamu bisa memakai cairan remover khusus dengan berbahan dasar minyak.

2. Bersihkan dengan lembut

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mencuci wajah dengan lembut. Setelah membersihkan makeup, barulah setelah itu cuci wajah dengan sabun pencuci muka sesuai dengan kulit wajah. Selain menggunakan jari, kamu juga bisa memakai sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah sisa sabun di wajah dengan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas, karena dapat merusak pembuluh kapiler dan mengiritasi kulit.

3. Keringkan wajah perlahan dan gunakan handuk bersih

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mengeringkan wajah. Wajah sudah bersih, bukan berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya. Jangan gunakan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri menempel.

4. Setelah selesai membersihkan wajah dan memberikan perawatan pada wajah 

Cara membersihkan wajah selanjutnya memberikan perawatan. Cobalah untuk tetap menjaga kebersihkan wajah dan sekitar tempat tidurmu. Selalu ganti sarung bantal dengan yang bersih atau tataki dengan kain bersih. Selanjutnya gunakan produk perawatan sesuai dengan tipe kulit wajahmu.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar Untuk Kulit Berminyak

1. Cuci tangan

Cara membersihkan wajah pertama kali yang dilakukan adalah cuci tangan. Pertama sebelum memulai, cucilah tangan sebelum menyentuh wajah. Jika tangan kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit berminyak sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri dan bilas dengan air hangat.

2. Ikat rambut

Cara membersihkan wajah dengan mengikat rambut. Bagi kamu yang memiliki rambut panjang atau berponi, ada baiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum cuci muka. Rambut yang basah dan mengenai wajah bisa membuat kulit jadi rentan terkena bakteri dan kotoran yang menempel di rambut. Ikat rambut, dengan begitu kamu juga akan lebih nyaman untuk mencuci wajah.

3. Bersihkan dulu makeup

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan membersihkan makeup. Bagi kamu yang menggunakan makeup sehari-hari, baiknya bersihkan terlebih dulu dengan pembersih khusus sesuai jenis kulit. Tetap basuh wajah kamu dengan air hangat setelahnya walaupun sudah dibersihkan dengan pembersih makeup.

4. Gunakan lotion pembersih

Cara membersihkan wajah lainnya dengan menggunakan lotion pembersih jika ada. Sebelum memulai mencuci muka, umumnya kamu bisa menggunakan rangkaian milk cleanser dan toner di tahap pertama. Keluarkan sedikit lotion pembersih atau milk cleanser pada ujung jari atau handuk.

Perlahan oleskan pembersih ke seluruh wajah. Pastikan untuk mengoleskannya ke semua area, yakni dagu, dahi, hidung, pipi dan leher. Pijat wajah dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelahnya basuh dengan kapas yang telah dibasahi air.

5. Cuci wajah dengan air dingin

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mencuci menggunakan air dingin. Cuci wajah dengan air dingin dan pembersih muka tipe kulit berminyak, meski sudah dibersihkan dengan lotion pembersih. Bersihkan wajah di bagian T-Zone, yakni dahi, hidung dan dagu. Lalu bilas hingga kamu merasa pembersihnya telah terbilas semua. Mencuci wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi.

6. Usap wajah perlahan

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mengusap perlahan. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya. Gunakan handuk yang khusus untuk muka, jangan pakai handuk yang sama dengan yang digunakan untuk mandi.

7. Gunakan toner

Cara membersihkan wajah selanjutnya gunakan toner. Jika kulitmu berminyak, disarankan untuk memakai toner wajah setelah selesai mencuci muka. Toner dapat membersihkan semua bekas riasan, debu, dan minyak yang pembersih tidak bisa bersihkan. Toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, dan menghaluskan kulit.

8. Lembapkan kulit

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan melembabkan kulit. Gunakan pelembap wajah setelah mencuci wajah karena kulit akan kering setelah dicuci, meskipun jika jenis kulitmu berminyak. Pastikan pelembap yang kamu gunakan adalah yang oil-free dan berbahan dasar air atau gel.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Wajah ala Korea

1. Cleanser

Cara membersihkan wajah yang pertama adalah cleanser. Hal pertama dalam membersihkan wajah yaitu menggunakan cleanser. Cleanser benar-benar cukup efektif membersihkan wajah dari debu.

2. Facial wash

Cara membersihkan wajah selanjutnya adalah facial wash. Tahap kedua membersihkan wajah setelah menggunakan cleanser adalah dengan mencuci wajah menggunakan sabun muka, untuk membersihkan wajah diusahakan maksimal 2 kali.

3. Gunakan air hangat

Cara membersihkan wajah ala cewek Korea yakni menggunakan air hangat. Setelah mencuci wajah dengan facial wash ada baiknya kita membilasnya dengan air hangat, karena air hangat mampu membuat pori pori menjadi terbuka dan membersihkan debu yang menempel, selain itu air hangat juga merupakan salah satu cara cepat hilangkan kantung mata.

4. Scrub

Cara membersihkan wajah lainnya dengan melakukan scrub. Setelah membersihkan wajah kamu, selanjutnya adalah scrub. Fungsi scrub adalah mengangkat kulit mati di wajah agar tidak kusam.

5. Memijit wajah

Cara membersihkan wajah yang benar selanjutnya adalah dengan memijat wajah, sehingga membuat wajah terasa lebih lembut dan membersihkan sisa sisa kotoran yang masih menempel setelah selesai discrub.

6. Masker peel off

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan masker peel off. Masker peel off juga berguna untuk membersihkan wajah dari komedo yang membandel, sama seperti masker dan scrub lainnya gunakan masker peel off 2 kali dalam seminggu. Cara memakai masker Korea ini juga terbilang sangat gampang, kamu hanya perlu mengoleskan ke seluruh wajah kecuali alis, mata dan mulut diamkan hingga kering lalu lepas perlahan.

7. Clay mask

Cara membersihkan wajah lainnya dengan menggunakan clay mask. Berbeda dengan masker peel off, clay mask digunakan pagi hari untukmu yang memiliki kulit wajah berminyak. Cara seperti ini terbukti membuat kulit lebih cerah dan mengurangi kadar minyak di wajah.

8. Toner

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan toner. Setelah ketujuh tahap itu dilakukan, saatnya menggunakan toner. Toner sendiri berfungsi untuk mengembalikan bHa yang ada pada kulit, sehingga kulit akan tetap terasa lembab dan sehat.

9. Serum

Cara membersihkan wajah lainnya dengan serum. Berbeda dengan toner, serum dipercaya membuat kulit menjadi lebih cerah. Selain itu serum memberikan vitamin pada wajah dan mampu menghindari penuaan pada wajah.

10. Pelembab

Cara membersihkan wajah yang benar terakhir adalah menggunakan pelembab, agar kulit wajah tetap lembut. Menggunakan pelembab juga merupakan salah satu cara mempercantik wajah tanpa makeup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini