Sukses

3 Cara Membuat Donat Goreng yang Lembut, Empuk dan Mengembang

Untuk mendapatkan tekstur donat yang lembut diperlukan gluten

Liputan6.com, Jakarta Donat merupakan kue yang sangat populer. Rasa manis, tekstur empuk serta bentuknya yang unik membuat kue ini memiliki banyak penggemar. Makanan berbentuk bundar dan umumnya bolong di bagian tengah ini menjadi makanan yang dapat dijumpai di mana saja.

Donat dibuat menggunakan adonan roti. Untuk mendapatkan tekstur donat yang lembut diperlukan gluten. Walau tepung terigu serbaguna bisa digunakan, tepung terigu protein tinggi yang lebih banyak mengandung gluten adalah kunci dari adonan donat yang empuk.

Ada 3 metode membuat donat, di antaranya donat goreng, donat panggang menggunakan oven, dan donat kukus. Semua cara membuat donat tersebut bisa digunakan, tergantung selera masing-masing orang.

Namun yang paling favorit adalah cara membuat donat goreng. Pasalnya cara membuat donat goreng dinilai lebih mudah dan bisa dilakukan di rumah meski dengan peralatan seadanya. Selain itu cara membuat donat goreng bisa menghasilkan donat dengan tektur lebih lembut dan empuk. Donat goreng bisa dibuat tanpa ragi, tanpa telur, dan tanpa oven. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (08/11/2018) ragam cara membuat donat goreng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cara membuat donat goreng yang lembut

Donat dengan tekstur lembut memang menggoda selera. Nah, berikut ini cara membuat donat goreng yang lembut dan empuk.

Bahan:

300 gram tepung terigu protein tinggi

120 gram tepung terigu protein sedang

1 sdt ragi instan

15 gram susu bubuk

40 gram gula halus

1 butir telur ayam

225 ml air es

30 gram margarin

1 sdt garam

 

Bahan topping:

Coklat batangan yang dilelehkan

Margarin & gula halus

Selai

 

Cara membuat donat goreng:

1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula halus. Aduk sampai tercampur rata.

2. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit. Jika ragu adonan terlalu encer maka air bisa dimasukkan beberapa bagian dulu.

3. Uleni adonan sampai menjadi kalis. Adonan kalis adalah tidak ada adonan yang lengket menempel di wadah dan tangan.

4. Masukkan margarin dan garam. Uleni adonan sampai elastis.

5. Tutupi adonan menggunakan kain dan diamkan di tempat hangat suhu ruang selama 15 menit. Setelah 15 menit, adonan mengembang. Tinju-tinju adonan untuk mengeluarkan udara. Uleni lagi sebentar.

6. Ulangi langkah 4 tetapi cukup didiamkan selama 10 menit.

7. Tinju-tinju adonan lalu bentuk adonan menjadi lingkaran. Bisa dibentuk manual dengan tangan setelah ditimbang seberat 40 gram atau giling adonan dan cetak memakai cetakan donat.

8. Letakkan adonan yang telah terbentuk dengan diberi jarak pada wadah datar. Tutupi dengan kain dan diamkan selama 30 menit.

9. Goreng adonan donat dalam minyak panas dan api kecil sampai kuning keemasan. Tiriskan.

10. Setelah donat dingin, beri toping sesuai selera.

3 dari 6 halaman

2. Cara membuat donat goreng mini

Donat mini merupakan jajanan favorit anak-anak karena mudah dimakan dalam sekali suapan. Variasi cara membuat donat goreng ini juga agar tak bosan dengan tampilan donat yang itu-itu mulu.

Bahan:

250 gram tepung terigu cakra

4 sdm gula pasir

1 sdt fermipan

1 butir telur

susu cair secukupnya

3 sdm mentega

minyak untuk menggoreng secukupnya

 

Cara membuat donat goreng mini:

1. Campur tepung terigu, gula, dan fermipan. Lalu masukkan telur. Aduk rata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan kalis (hentikan pemberian susu jika adonan sudah kalis)

2. Tambahkan mentega. Uleni kembali hingga adonan kalis elastis. Tutup adonan dengan kain dan diamkan selama 45 menit. Lalu kempiskan adonan. Bagi adonan menjadi beberapa. Bentuk menjadi donat berukuran kecil, atau gunakan cetakan donat dengan diameter kecil yang dijual di pasaran. Diamkan lagi selama 15 menit. Tutup dengan kain.

3. Setelah 15 menit, goreng donat dengan minyak panas. Angkat.

4. Setelah donat agak dingin, beri topping sesuai selera.

4 dari 6 halaman

3. Cara membuat donat goreng kampung

Donat goreng satu ini teksturnya padat dan empuk dengan topping sederhana yakni gula halus. Cara membuat donat goreng kampung ini cukup gampang kok.

Bahan:

500 gram tepung terigu protein tinggi

3 buah kuning telur ayam

50 gram susu bubuk

100 gram gula pasir

75 gram mentega

2 sendok teh ragi instan

225 ml air hangat

Minyak

Butter secukupnya

 

Cara membuat donat goreng kampung:

1. Campurkan semua bahan lalu aduk menggunakan mixer hingga rata dan kalis (kurang lebih 10 menit)

2. Diamkan adonan donat selama 30-45 menit hingga adonan mengembangSetelah mengembang, kempeskan adonan. Giling adonan hingga setebal 1 cm lalu cetak menggunakan cetakan donat.

4. Goreng donat dengan api sedang dalam minyak yang dicampur 1 sendok makan butter.

5. Tunggu hingga donat kuning keemasan, angkat. Tunggu dinginSetelah itu taburkan gula halus sesuai selera.

Tips cara membuat donat goreng. Meski mudah, cara membuat donat goreng membutuhkan ketelitian dan beberapa teknik dalam menggoreng.

5 dari 6 halaman

Tips membuat donat goreng

1. Untuk menggoreng donat kita mnggunakan wajan serta minyak secukupnya.

2. Goreng dengan api sedang atau kecil saja agar donat tidak mudah gosong.

3. Masukkan beberapa adonan yang telah siap dan goreng permukaan pertama cukup hingg berwarna kuning agak kecoklatan. Kemudian balik permukaan lainya dan goreng hingga berwarna kecokelatan.

4. Upayakan dua permukaan donat memiliki warna berbeda, yang mana warna kuning kecoklatan untuk menruh toping donat sementara permukaan satunya yang berwarna kecoklatan untuk sisi bawah donat yang tidak diberi tiping.

6 dari 6 halaman

Cara mudah membentuk donat goreng

Kamu dapat membentuk adonan donat dengan alat pencetak atau hanya menggunakan tangan kosong. Dengan menggunakan alat pastinya bentuk yang dihasilkan akan lebih ccantik dan presisi ketimbang menggunakan tangan saja. Namun hal ini juga sangat tergantung dari kreativitas.

Jika membentuk donat dengan tangan saja maka pertama kali lumuri jari dengan terigu, hal ini bertujuan agar tidak lengket ketika menyentuh adonan sehingga mudah membuat bentuk donat sesuai selera.

Jangan lewatkan yang ini.

Cara lain untuk mencetak adonan donat dapat menggunakan gelas dan tutup botol. Di mana gelas untuk mendapatkan lingkaran luar, sedang tutup botol untuk mendapatkan lubang atau lingkaran dalamnya. Dengan cara ini kamu tak perlu membeli alat pencetak donat.

Tips cara mecetak dengan alat. Terlebih dahulu letakkan adonan secukupnya diatas permukaan yang datar, letakkan alat pencetak diatasnya serta tekan kebawah untuk mendapatkan bentuk lingkaran donat donat. Agar adonan tidak lengket dengan cetakan maka lumuri cetakan dengan tepung terigu terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.