Sukses

6 Menu Nasi Goreng Paling Populer di Indonesia, Apa Favoritmu?

Nasi goreng sering menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk memadamkan kelaparan. Variasinya beragam. Mana yang paling Anda suka?

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara seputar kuliner Indonesia tak ada habisnya. Negeri dengan beragam budaya dan banyak kekayaan alam ini, juga terkenal akan kuliner nan lezat yang dapat menggugah selera Anda. Nasi goreng salah satunya.

Saat ini, nasi goreng menjadi menu makanan yang paling terkenal di Indonesia. Alasannya, selain lezat dan nikmat, nasi goreng juga mudah dibuat sendiri dirumah. Kelezatan hidangan ini bahkan sudah diakui oleh industri kuliner Indonesia.

Namun, beberapa di antaranya masih ada yang belum mengetahui bahwa nasi goreng itu memiliki beragam varian dengan ciri khas masing-masing. Seperti yang sudah dirangkum oleh Liputan6.com, Rabu (7/11/18), berikut enam menu nasi goreng yang paling terkenal di Indonesia. 

1. Nasi Goreng Ikan Asin

Namanya saja sudah nasi goreng ikan asin. Tentu, bahan utama selain rempah-rempah adalah potongan ikan asin. Cita rasanya membuat nasi menjadi lebih asin dan gurih. Semakin nikmat, ketika Anda memakannya dengan menambahkan sambal ataupun cabai iris ke dalam nasi. 

2. Nasi Goreng Kambing

Penggunaan daging kambing, menjadi menu favorit kedua yang paling sering dikonsumsi masyarakat. Aroma khas yang ada pada nasi goreng kambing sangat menggugah selera. Olahan nasi dengan potongan kambing ini justru membuat nafsu makan meningkat.

Anda bisa menemui nasi goreng kambing di pedagang kaki lima maupun restoran. Namun, ada beberapa pedagang kaki lima, tidak menjual olahan tersebut. 

3. Nasi Goreng Seafood

Nasi goreng seafood merupakan olahan nasi goreng yang dicampur dengan potongan aneka makanan laut, seperti udang, cumi, dan kepiting. Juga, bisa lebih dibuat bervariatif dengan menambahkan potongan bakso ikan ke dalamnya. Nasi goreng seafood bisa Anda temui di setiap restoran pinggir jalan, mal, maupun daerah pantai. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng Jawa dikenal dengan cita rasanya yang manis, karena dicampur dengan kecap dan memiliki rasa pedas yang juga dibuat dengan campuran sambal uleg. Nasi goreng Jawa, biasanya disajikan dengan telur ceplok, kerupuk udang, dan irisan mentimun.

5. Nasi Goreng Sunda

Berbeda dengan nasi goreng jawa yang cenderung berwarna hitam karena kecap, nasi goreng sunda berwarna kekuningan dengan cita rasa yang relatif pedas. Jelas, pembuatan nasi goreng sunda ini dilakukan penambahan kunyit.

6. Nasi Goreng Minang

Nasi goreng Minang atau nasi goreng padang memiliki cita rasa yang pedas dan asin. Dimasak dengan daun bawang, daun seledri, daun kunyit, dan daun jeruk. Selain itu, nasi goreng Minang juga dilengkapi dengan dendeng dan telur ceplok. (Mariany)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.