Sukses

Wow, 2 Menu Ayam Goreng Khas Indonesia Eksis di Luar Negeri

Salah satu menu ayam goreng khas Indonesia eksis di California, Amerika Serikat. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Saat berbicara tentang ayam, banyak sekali kreasi masakan yang dapat Anda temui. Salah satu terfavorit adalah ayam goreng.

Olahan ayam goreng cukup sederhana dan mudah dibuat, serta waktu memasaknya pun tidak begitu lama. Tak hanya waralaba asing bermenu ayam goreng yang bermunculan di dalam negeri, menu olahan ayam goreng lokal juga tak kalah banyak penggemar.

Tak heran kalau menu ayam goreng khas Indonesia kini terkenal hingga turis mancanegara. Liputan6.com, Selasa (6/11/2018), merangkum dua menu ayam goreng khas Indonesia yang sudah go international.

Ayam Goreng Kremes

Jenis ayam goreng yang satu ini memang sudah populer sekitar 10 tahun yang lalu. Meski demikian, ayam goreng kremes masih banyak peminatnya, lho. Hal ini dikarenakan tekstur ayam goreng yang garing dan cita rasanya pun sangat unik.

Ayam goreng khas Yogyakarta terbuat dari campuran bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, jahe, dan lada. Pembuatannya juga sangat mudah. Ketika ayam sedang diungkep, tambahan air kelapa setelah matang, kemudian angkat ayam untuk digoreng. Sementara, sisa bumbu ungkepan tersebut ditambahkan air kelapa lagi dan tepung beras untuk digoreng menjadi kremesan nan gurih.

Ayam kremes juga tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, tapi ayam goreng berselimut tepung goreng renyah ini juga hadir di California, Amerika Serikat. Tepatnya di salah satu restoran Merry's House of Chicken yang berhasil mengolah bumbu yang sama seperti ayam kremes khas Yogyakarta. Uniknya, justru kehadiran ayam khas Indonesia ini mendapat pasar tersendiri bagi warga Amerika. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ayam Goreng Penyet

Penyet adalah istilah yang berasal dari bahasa Jawa, artinya lumat atau tumbuk. Pada dasarnya, ayam penyet ini dibuat dari olahan tempe yang direndam dalam air kaldu dengan bumbu garam dan ketumbar. Ayam kemudian digoreng dan disajikan dengan sambal.

Beberapa orang yang memakannya terbiasa menambahkan ayam yang disatukan dengan sambal tersebut. Maka, banyak yang menyebutnya menjadi ayam penyet.

Salah satu makanan khas Jawa Timur ini menggunakan ayam dengan potongan utuh, seperti dada, paha, hingga ayam yang tulangnya masih menempel. Perbedaan lainnya, daging ayam hanya dipenyet di atas cobek berisi sambal tomat atau sambal terasi. Hasilnya daging menjadi lebih pipih, tapi tak sampai hancur.

Semakin ke sini, sambal yang digunakan untuk ayam penyet bervariasi. Ada yang menyajikannya bersama sambal hijau, sambal korek, hingga sambal bawang, tentu sesuai selera Anda.

Biasanya ayam harus diungkep terlebih dahulu dengan bumbu kuning hingga meresap, sebelum digoreng dan dipenyet. Tujuannya, supaya rasa daging ayam penyet lebih sedap lagi.

Ayam Penyet asli Surabaya ini dapat Anda temukan di beberapa negara tetangga, seperti Brunei, Malaysia, dan Singapura. Jadi, tidak perlu khawatir saat Anda berlibur ke negara-negara tersebut. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.