Sukses

7 Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis yang Aman, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Dalam dunia kecantikan jeruk nipis menjadi primadona karena kandungan vitamin C-nya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin punya kulit wajah yang putih dan bersih. Harus diakui, kulit putih dan cerah merupakan idaman semua orang. Pasalnya kulit putih dianggap sangat penting untuk menunjang penampilan.

Dengan wajah yang putih dan cerah, otomatis akan meningkatkan daya tarik bagi siapa saja yang memandang. Tak heran banyak orang melakukan berbagai cara memutihkan wajah demi mencapai penampilan yang sempurna.

Sayangnya, kebanyakan orang lebih memiliki cara yang instan dan cepat untuk mendapatkan wajah putih idamannya. Tak jarang mereka haru merogoh kocek hingga jutaan rupiah demi wajah putih berseri. Selain mengandalkan jasa klinik kecantikan atau obat-obatan pemutih lainnya, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di dapur rumahmu lho.

Salah satu bahan yang bisa kamu gunakan sebagai cara memutihkan wajah adalah jeruk nipis. Kenapa jeruk nipis? Dalam dunia kecantikan jeruk nipis menjadi primadona karena kandungan vitamin C-nya. Tingginya kadar vitamin C dalam jeruk nipis menjadi faktor utama sebagai cara memutihkan wajah. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (07/11/2018) berikut 7 cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis bisa digunakan untuk eksfoliasi mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori wajah dan menyebabkan wajah tampak kusam. Potong satu buah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian usapkan secara merata pada permukaan wajah. Tidak perlu menggosoknya terlalu kencang, cukup diusap-usap pelan sambil sedikit ditekan pada permukaan kulit agar nutrisinya masuk ke pori. Lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air dingin.

3 dari 8 halaman

2. Jeruk nipis dan putih telur

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis selanjutnya adalah mengkombinasikannya dengan putih telur. Pasalnya, putih telur mengandung protein yang cukup tinggi dan berguna untuk membuat kulit wajah lebih putih, kenyal, dan kencang. Untuk hasil yang optimal, gunakan putih telur dari telur ayam kampung untuk membuat masker jeruk nipis ini. Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan putih telur adalah campur putih telur dengan air perasan jeruk nipis secukupnya lalu aplikasikan pada wajah seperti masker biasa. Lakukan secara rutin seminggu sekali untuk mendapatkan wajah yang bersih bersinar.

4 dari 8 halaman

3. Jeruk nipis dan madu murni

Madu sejak jaman dahulu dikenal sebagai bahan alami yang sangat berguna untuk manusia termasuk merawat kecantikan. Menggunakan masker jeruk nipis ditambah dengan madu juga merupakan salah satu cara memutihkan wajah. Perawatan simpel ini bisa membuat kulit wajah terlihat lebih putih.

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan madu yaitu:

Campur dua sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu sendok makan madu.

Gunakan ramuan tersebut di seluruh kulit wajah dan pijat perlahan selama beberapa menit.

Biarkan mengering lalu cuci bersih dengan air hangat. Setelah itu bilas lagi dengan air dingin.

 

5 dari 8 halaman

4. Jeruk nipis dan tomat

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis selanjutnya dikombinasikan dengan tomat. Kandungan dalam tomat sendiri hampir sama seperti jeruk nipis, di antaranya adalah kaya vitamin C dan juga antioksidan. Tomat terbilang sangat ampuh dalam mencerahkan kulit wajah yang kusam. Tomat juga sudah biasa dijadikan salah satu bahan masker alami sebagai perawatan kecantikan.

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan tomat adalah:

Sediakan satu buah tomat segar kemudian tumbuk halus

Tambahan satu sendok makan air perasan jeruk nipis, aduk hingga tercampur rata

Oleskan campuran masker ini ke wajah

Diamkan kira-kira 20 menit lalu bilas hingga bersih

6 dari 8 halaman

5. Jeruk nipis dan susu

Susu ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga untuk kecantikan wajah. Manfaat dari pemakaian masker susu ini di antaranya adalah dapat membuat wajah semakin tampak segar serta cerah. Masker susu serta jeruk nipis terutama akan dapat menghilangkan flek hitam pada wajah serta mencerahkan wajah hingga lebih berseri.

Berikut cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan susu:

Ambil satu buah jeruk nipis yang masih segar, lalu peras airnya

Tambahkan susu bubuk sebanyak lima sendok makan ke dalamnya

Tambah sedikit air lalu aduk rata, jangan sampai terlalu encer

Oleskan masker ini ke seluruh wajah serta leher

Diamkan kira-kira 15 menit kemudian bilas hingga bersih

Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

7 dari 8 halaman

6. Jeruk nipis dan minyak zaitun

Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai cara memutihkan wajah. Minyak zaitun adalah jenis minyak nabati yang mengandung banyak nutrisi dan rendah lemak sehingga kerap digunakan sebagai minyak untuk perawatan kecantikan. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan jeruk nipis dengan cara mencampurnya dan dioleskan sebagai masker. Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan minyak zaitun adalah, campurkan perasan air dari satu buah jeruk nipis dengan beberapa sendok minyak zaitun. Lalu oleskan campuran tersebut ke wajah. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih.

8 dari 8 halaman

7. Jeruk nipis, madu, gula

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis selanjutnya adalah dengan menjadikannya sebagai scrub. Selain menggunakan jeruk nipis, bahan lain yang digunakan sebagai scrub alami adalah madu dan gula.

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis, madu dan gula adalah:

Siapkan satu sendok makan gula merah atau putih, seperempat sendok teh air perasan lemon, dan satu sendok teh madu.

Oleskan scrub pada kulit wajah dengan ujung jari dan gerakan melingkar.

Biarkan beberapa menit sampai agak mengering.

Cuci wajah dengan air hangat dan keringkan perlahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.