Sukses

Cara Membuat Mashed Potato Sederhana, Creamy dan Lembut Banget

Mashed potato ini adalah sajian dari kentang tumbuk yang diolah kembali.

Liputan6.com, Jakarta Budaya Belanda memang tak bisa terlepas dari sejarah panjang Indonesia. Selama Belanda menjajah Indonesia, turut pula memengaruhi budaya di Indonesia. Di Era Kolonial Belanda, tidak hanya bangunan yang terbawa pengaruh Belanda, dari segi kuliner pun banyak dipengaruhi oleh budaya dari Belanda. Sehingga tidak heran jika kamu banyak menemui makanan olahan khas Eropa di Indonesia.

Salah satu jenis kuliner Eropa adalah beefsteak. Jika kamu pernah mencicipi beefsteak, maka kamu tak akan melewatkan menu pendampingnya yakni mashed potato atau kentang tumbuk. Mashed potato ini adalah sajian dari kentang tumbuk yang diolah kembali. Mashed potato yang mengandung karbohidrat ini memang cocok disajikan sebagai pelengkap sajian seperti beefsteak.

Nah, kentang tumbuk atau mashed potato dalam pengolahannya dicampur dengan keju untuk menghasilkan rasa gurih nan lembut. Selain sebagai pendamping beefsteak, mashed potato dijadikan sebagai menu sarapan atau taburan daging asap. Dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih, membuat mashed potato ini banyak digemari orang.

Perlu diketahui, tidak semua kentang dapat dijadikan sebagai mashed potato. Kentang yang digunakan untuk cara membuat mashed potato adalah kentang yang memiliki kadar pati tinggi, tidak lembek atau berair saat dihaluskan. Biasanya para koki memilih kentang tes atau yang berumbi tua dengan tekstur daging kenyal untuk cara membuat mashed potato. Sedangkan jika kentang yang masih muda dagingnya cenderung masih empuk dan lembek sehingga saat ditumbuk akan berair.

Cara membuat mashed potato memang terlihat mudah. Namun, kalau kamu tidak melakukannya dengan benar, cita rasa kentang akan hilang dan cara membuat mashed potato mungkin tidak halus seperti yang kamu beli. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor kesalahan dalam pembuatannya.

Cara membuat mashed potato juga cocok bagi kamu yang sedang diet. Dari pada harus setiap hari ke restoran untuk menikmati mashed potato, lebih baik membuatnya sendiri di rumah.

Untuk keberhasilan dalam cara membuat mashed potato ini, kamu harus menghindari beberapa hal seperti salah dalam memilih kentang, tidak memberi garam, air yang terlalu panas, menambahkan cream dan butter yang terlalu dingin, overworking. Berbeda dengan kebanyakan jenis sayur lainnya, dalam membuat mashed potato kamu tidak perlu menggunakan air yang terlalu panas. Pasalnya, air yang terlalu panas akan membuat kentang matang tidak rata, hal ini akan menyulitkanmu saat menghaluskannya.

Sedangkan cream dan butter yang terlalu dingin terlalu dingin tidak akan diserap dengan baik oleh kentang, sehingga cita rasa cream butter pada cara membuat mashed potato akan hilang. Untuk penyajiannya, kamu dapat menambahkan daging asap cincang, keju parut, dan seledri cincang sebagai pendamping untuk sajian sarapan anda. Mashed potato sangat nikmat jika disajikan saat masih hangat. Beriku cara membuat mashed potato dirangkum Liputan6.com, Rabu (31/10/2018)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan cara membuat mashed potato:

3 buah kentang ukuran besar (kupas dan potong jadi 4-6 bagian)

1 lt kaldu ayam

150 cc susu cair

1 buah keju cheddar

2 siung bawang putih, parut halus

2 sdm mayonaise

3 sdm margarin

garam dan merica sesuai selera, tambahkan pala sedikit

1 batang daun peterseli atau seledri, cincang.

3 dari 3 halaman

Cara membuat mashed potato:

1. Pertama-tama didihkan kaldu, rebus kentang dalam air kaldu sampai matang. Angkat dan tiriskan.

2. Kemudian tumbuk (hancurkan) kentang dengan garpu hingga halus, sisihkan.

3. Selanjutnya panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum.

4. Lalu tambahkan susu cair, mayonaise dan keju, aduk rata.

5. Setelah itu masukkan garam, merica dan pala secukupnya, aduk rata.

6. Kemudian tuang tumisan ke dalam adonan kentang sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

7. Sajikan dalam mangkuk, taburi dengan peterseli atau seledri cincang di atasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.