Sukses

Ada Karapan Sapi, Kemilau Madura 2018 Wajib Dikunjungi

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak wisatawan ke event Kemilau Madura 2018. Kemilau Madura telah melewati seleksi kurator ketat untuk masuk di Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta Buat kalian yang suka travelling, 19-21 Oktober menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Madura. Karena, saat itu Kemilau Madura 2018 sedang digelar. Inilah saat yang tepat untuk menyaksikan salah satu atraksi terbaik di Indonesia, Karapan Sapi.

Kemilau Madura awalnya adalah bagian dari perayaan HUT Kabupaten Pamekasan. Kemudian event ini berkembang. Kemilau Madura menjelma menjadi pesta seluruh masyarakat di Pulau Madura, Jawa Timur.

Karena pesonanya, Kemilau Madura berhasil masuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata 2018. Tahun ini, Kemilau Madura akan diselenggarakan di dua tempat, Pamekasan dan Sumenep.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, bahkan tidak ragu untuk mengajak wisatawan berkunjung ke Pulau Madura.

“Inilah waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Madura. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam serta eksotisnya beragam atraksi budaya di sana. Tidak perlu repot-repot, karena semua terangkum dalam Kemilau Madura 2018,” tutur Menpar, Senin (15/10).

Salah satu atraksi melegenda yang akan tersaji dalam Kemilau Madura 2018 adalah Lomba Karapan Sapi.

“Karapan sapi menjadi salah satu atraksi terbaik di Indonesia. Atraksi yang sangat populer. Banyak wisatawan menantikan momen ini. Mulai dari wisatawan nusantara hingga mancanegara,” katanya.

Karapan Sapi adalah acara khas masyarakat Madura. Lomba ini melibatkan seorang joki dan 2 ekor sapi. Posisi joki adalah berdiri sambil menarik semacam kereta kayu. Joki bertugas mengendalikan gerak lari sapi.

Mereka akan berpacu menjadi yang tercepat di lintasan pacu sepanjang sekitar 100 meter.

“Sayang sekali jika melewatkan kegiatan ini. Karena, karapan sapi tidak bisa dijumpai setiap saat. Dan Oktober akan menjadi puncak dari rangkaian lomba karapan sapi. Jadi, jangan sampai keseruan ini terlewatkan,” katanya.

Sementara Ketua Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mengatakan Kemilau Madura akan menjadi event terbaik di Pulau Madura.

“Inilah event terbaik di Madura. Pelaksanaannya sudah melalui tahap kurasi yang ketat. Jadi tidak perlu diragukan lagi keseruan dari event ini,” paparnya.

Selain itu, Kemilau Madura 2018 juga menawarkan banyak keseruan.

“Tidak hanya karapan sapi yang bisa dinikmati. Ada berbagai sub event yang akan disajikan. Ada lomba sapi sonok, karnaval daul, dan batik on street,” jelas Esthy.

Ada juga pesta seni. Pesta ini akan melibatkan empat kabupaten di Pulau Madura, Pamekasan, Sumenep, Sampang, dan Bangkalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini