Sukses

Buat Camilan Kembang Tahu, Yuk!

Super simpel, Anda bisa bikin sendiri sajian kembang tahu yang lezat nan menyehatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang camilan harus tentang hidangan yang kurang menyehatkan? Anda sangat bisa membuat sendiri ragam kudapan enak, tapi tetap baik untuk kesehatan tubuh. Kembang tahu, misalnya.

Ya, jajanan tradisional ini belakangan jarang ditemukan di banyak kota besar. Bukan sekadar sebagai pengganjal perut, kembang tahu juga mungkin bisa jadi salah satu cara bernostalgia lewat rasa yang familiar.

Kalau beli sudah terlalu sulit dan ingin membuatnya sendiri, ini resep sederhana yang bisa Anda sontek. Begini tahapan demi tahapan sebagaimana dikutip dari cookpad.com, Kamis, 27 September 2018, kreasi Bumbu Pawon untuk membuat kembang tahu.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kembang tahu:

1/4 kilogram kedelai

1 bungkus agar-agar plain

3 sendok makan gula pasir

1 gula jawa

2 ruas jahe

1 tangkai daun pandan

Air secukupnya

Saringan kedelai/kain

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Pembuatan

Langkah 1

Rendam kedelai selama 1 hari 1 malam. Kemudian, cuci sampai bersih dan haluskan menggunakan blander (tambah air).

Langkah 2

Lalu, peras atau saring agar terpisah dari air dan ampas. Setelah semua tersaring, masukan air sari kedelai ke dalam panci dan tambahkan 1 bungkus agar-agar palin serta 3 sendok makan gula pasir. Panaskan hingga mendidih.

Langkah 3

Jika sudah mendidih, tuangkan ke dalam wadah dan tunggu sampai dingin dan padat.

Langkah 4

Sambil menunggu, buatlah kuah kembang tahu. Caranya, masukan 3 gelas air ke dalam panci. Tambahkan gula jawa dan jahe yang sudah digeprek, serta daun pandan. Panaskan sampai mendidih dan kental.

Langkah 5

Jika kembang tahu dan kuah sudah siap, maka ambilah kembang tahu sedikit demi sedikit menggunakan sendok ke dalam mangkuk dan berilah kuah. Kembang tahu siap dinikmati. Enjoy!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.