Sukses

3 Tanda Diet Anda Lebih Sehat dari yang Diduga

Sudah tahukah bagaimana cara mengetahui diet Anda sudah sehat? Simak pemaparannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Diet adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Mulai dari membatasi asupan kalori setiap harinya, berolahraga lebih rutin, mengonsumsi lebih banyak sayuran, dan lain sebagainya.

Namun, apakah Anda yakin diet yang telah  dilakukan benar-benar sehat? Melansir dari thisisinsider.com pada Selasa (28/8/2018), berikut ini tanda diet Anda sehat.

1. Makan berdasarkan intuisi

Makan dengan mengandalkan intuisi mampu menciptakan hubungan yang sehat antara makanan dan tubuh Anda. Selain mengarahkan untuk menghindari mengemil secara berlebihan, hal ini juga memberikan rasa puas di dalam diri.

"Kita dilahirkan sebagai pemakan intuitif. Tetapi saat tumbuh dewasa, budaya diet menjauhkan kita dari hal itu. Contoh makan dengan mengandalkan intuisi adalah ketika kita melihat anak kecil maakan. Mereka akan memberi tahu orang tuanya jika lapar, kemudian memakannya dan berhenti ketika sudah kenyang," jelas ahli diet dan ahli gizi bergizi berlisensi Emma D'Arpino. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Begini tanda diet Anda sehat

2. Tahu perbedaan kenyang dan puas

Terdapat perbedaan signifikan antara kenyang dan puas. Meski kenyang, seringkali Anda merasa tidak puas. Hal ini biasanya terjadi karena Anda terlalu keras kepada diri sendiri sehingga sama sekali tidak mengizinkan makan makanan yang tidak sehat masuk ke dalam tubuh.

D'Arpino menyarankan untuk tidak menukar satu makanan dengan yang lain, karena ini tidak akan "tepat sasaran" dan hanya akan membuat Anda terbayang-bayang.

3. Tidak mengikuti mentalitas orang diet

Tanda diet Anda sudah sehat adalah timbulnya kesadaran tentang kebutuhan asupan makanan yang cukup dan seimbang. Dengan demikian, Anda sudah tahu kapan waktunya makan, asupan yang diperlukan dan bagaimana mengolahnya untuk tetap sehat. Anda tidak lagi terkungkung degan mentalitas orang diet yang harus kelaparan sepanjang hari dan hanya makan sedikit makanan yang bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. (Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.