Sukses

5 Cara Tangguh Menghadapi Negosiasi di Tempat Kerja

Ingin melakukan negosiasi di tempat kerja? Simak di sini beberapa cara yang bisa mempermudah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Negosiasi di tempat kerja bisa bermakna banyak hal, contoh yang paling mudah adalah kenaikan gaji. Banyak orang yang melakukan bekerja lebih keras, namun tidak melihat perubahan pada gaji mereka.

Jika Anda sedang berusaha melakukan negosiasi, berikut ini adalah beberapa tipsnya, seperti dilansir dari bravotv.com, Sabtu (18/8/2018). Anda sudah pernah coba?

1. Buatlah daftar prestasi

Anda mungkin menganggap atasan atau bos tahu semua yang telah Anda lakukan selama ini, namun kenyataannya, beberapa hal bisa saja luput dari perhatiannya, bukan? Hal terbaik untuk melakukan negosiasi adalah membuat daftar prestasi, catat semua yang pernah Anda lakukan untuk perusahaan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara melakukan negosiasi di tempat kerja

2. Memiliki rencana

Siapkan rencana untuk masa depan. Biarkan atasan mengetahui bahwa keberhasilan negosiasi tersebut akan berdampak pada kinerja Anda di masa depan, tunjukkan bahwa Anda menginginkan sesuatu untuk dicapai dari waktu ke waktu.

3. Lihat kesempatan lain

Walaupun kedengarannya licik, namun tidak ada salahnya Anda mulai melakukan wawancara di tempat lain, melihat tawaran yang mungkin lebih baik.

3 dari 3 halaman

Cara melakukan negosiasi di tempat kerja

4. Memahami ulasan tentang diri sendiri

Jika Anda sedang berusaha melakukan negosiasi di tempat kerja, cobalah untuk memahami ulasan tentang diri sendiri. Jika memang tidak ada yang salah, Anda berhak meminta negosiasi dengan atasan.

5. Dengarkan penawaran pertama

Negosiasi tidak selalu berjalan dengan cepat dan mudah. Ketika Anda menerima sebuah penawaran, cobalah untuk mendengarkan terlebih dahulu, baru kemudian melakukan negosiasi yang lebih banyak di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.