Sukses

Menanti Pendaki Perempuan Pertama yang Berhasil Gapai Puncak Trikora

Dibutuhkan usaha lebih dan teknikal memanjat yang tidak sembarangan untuk sampai di Puncak Trikora yang sebenarnya.

Liputan6.com, Jakarta Memperingati Dirgahayu Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, Mila Ayu Hariyanti, pendaki perempuan pemegang rekor MURI sebagai seven summiters perempuan tercepat, akan melakukan ekspedisi ke Puncak Trikora, Papua.

Menurut informasi, ekspedisi  akan digelar mulai 10 Agustus 2018, dengan misi mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Puncak Trikora tepat di hari kemerdekaan RI. 

“Sebagai wanita Indonesia saya sangat menjunjung tinggi arti kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan. Ini jadi semangat saya untuk dapat mengibarkan merah putih di tanah Papua,” ungkap Mila kepada Liputan6.com, Senin (6/8/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Perkara Mudah

Menggapai Puncak Trikora bukan perkara mudah, di beberapa catatan memang sudah banyak yang mendaki puncak Trikora, namun yang berhasil sampai ke puncak pada ketinggian 4.750 meter di atas permukaan laut masih sangat jarang, bahkan bisa dihitung dengan jari, apalagi untuk pendaki perempuan.

Jika ditelisik lebih jauh, sepintas di Puncak Trikora terdapat dua titik yang dianggap tertinggi, padahal titik tertinggi di Puncak Trikora hanya ada satu, yaitu pada ketinggian 4.750 m dpl. Namun untuk mencapai titik tersebut memang dibutuhkan usaha lebih dan teknikal memanjat yang tidak sembarangan.

"Dengan pengalaman yang ada ya saya yakin bisa menggapai puncak Trikora. Ditambah keinginan kuat untuk membetulkan letak posisi puncak sejati yang sebenarnya. Selama ini kan orang salah menilai Puncak Trikora," ungkap Mila menambahkan. 

 

3 dari 3 halaman

Pendaki Perempuan Pertama

Hal itulah yang membuat ekspedisi ini menjadi menarik. Jika berhasil, Mila Ayu Hariyanti akan didapuk menjadi pendaki perempuan pertama yang menginjakkan kakinya di Puncak Trikora pada ketinggian 4.750 m dpl.

Untuk bisa mencapai Puncak Trikora, Mila bahkan telah menjalani berbagai persiapan, mulai dari persiapan peralatan, berkomunikasi dengan pendaki yang sudah melakukan ekspedisi Trikora, hingga yang terpenting adalah persiapan fisik dan mental.

Selama dua bulan belakangan ini, Mila giat melakukan latihan fisik dengan mendaki gunung, antara lain mendaki Gunung Argopuro untuk mendapat endurance dan strength dalam berjalan jauh, hingga mendaki Gunung Gede dan Gunung Prau untuk melatih daya tahan pernapasan dan beradaptasi dengan cuaca dan suhu. Mengingat latihan yang tepat bagi seorang pendaki gunung adalah dnegan mendaki gunung.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.