Sukses

7 Hal Menakutkan yang Terjadi Ketika Kehilangan Berat Badan Terlalu Cepat

Bukan tubuh bugar dan langsing, ini yang terjadi apabila Anda kehilangan berat badan terlalu cepat.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh yang bugar dan langsing saat ini memang masih sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Baik wanita, pria, tua ataupun muda semuanya berlomba-lomba untuk mendapatkan bentuk tubuh tersebut. Adapun upaya yang biasanya dilakukan adalah dengan berolahraga dan diet. Namun, masalah serius akan muncul apabila Anda kehilangan berat badan terlalu cepat.

1. Kehilangan otot

Banyak yang mengatakan bahwa untuk membakar lemak, maka Anda harus membakar lebih banyak asupan kalori yang Anda dapatkan. Jadi Anda harus melakukan perhitungan matematika dan menyesuaikan jumlah kalori per harinya berdasarkan keperluan Anda.Pernyataan tersebut kedengarannya memang masuk akal, akan tetapi setiap tubuh memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda untuk dapat bekerja lebih optimal. Selain itu, tubuh Anda hanya dapat membakar begitu banyak kalori lemak dalam sehari. Mayo Clinic mengatakan jika Anda mengurangi asupan kalori terlalu banyak, tubuh Anda tidak akan punya pilihan selain beralih ke sumber bahan bakar lain selain lemak yaitu otot yang sebenarnya tidak ingin Anda hilangkan. Demikian di lansir dari thisisinsider.com.

2. Kekurangan gizi

Menurut Healthline, ketika Anda mengurasi asupan kalori Anda secara signifikan, maka Anda akan kesulitan untuk mencukupi kebutuhan zat besi, folat, vitamin D, dan vitamin B12. Kekurangan zat-zat tersebut dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius bagi Anda baik dalam waktu dekat ataupun jauh.

3. Dehidrasi

Apabila Anda tidak mampu mempertahankan hidrasi tubuh dengan minum air putih yang cukup, maka Anda berpotensi mengalami dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahaya Kehilangan Berat Badan Mendadak

4. Merasa lelah

Kekurangan banyak asupan di atas mengakibatkan Anda merasa lelah sepanjang waktu. Bahkan dalam beberapa kasus, kekurangan nutrisi ini dapat mengakibatkan Anda mengalami anemia.

5. Masalah pencernaan

Dr. Christopher Hollingsworth mengatakan bahwa mual, diare, sembelit, dan sakit perut merupakan masalah-masalah yang akan terjadi ketika Anda kehilangan berat badan terlalu cepat. Hal ini tentu memberikan sensasi yang tidak nyaman bagi Anda ketika melakukan aktivitas di kamar mandi.

6. Memperlambat metabolisme tubuh

Metabolisme yang lambat akan membakar lebih sedikit kalori per hari yang pada gilirannya memudahkan Anda untuk menambah berat badan pada jumlah makanan yang lebih sedikit. Melansir dari MSN Lifestyle, hal ini juga ternyata mempengaruhi siklus tidur Anda.

Pada dasarnya Anda tidak perlu melakukan diet ketat ataupun berolahraga secara berlebihan demi mendapatkan tubuh ideal versi Anda. Anda hanya mengatur pola makan dan gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Hal tersebut justru akan lebih berhasil menurunkan berat badan karena dilakukan secara perlahan dan berkelanjutan. (kiki novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.