Sukses

Bikin Ngiler, Alpukat Bongsor Australia Ukurannya Sebesar Kepala Orang Dewasa

Rasanya mungkin hampir sama dengan alpukat pada umumnya, satu-satunya yang membedakannya adalah ukuran. Alpukat yang satu ini punya ukuran sebesar kepala orang dewasa.

Liputan6.com, Jakarta Rasanya mungkin hampir sama dengan alpukat pada umumnya, satu-satunya yang membedakannya  adalah ukuran. Alpukat yang satu ini punya ukuran sebesar kepala orang dewasa. Avozilla, begitu masyarakat Australia menyebut alpukat bongsor ini. Punya berat rata-rata 1,2 kilogram, satu butir avozilla dibanderol dengan harga 12 dolar Australia atau sekitar Rp120.000.

Menurut informasi yang dikutip dari laman Guardian Australia, Rabu (18/7/2018), avozilla berasal dari Afrika Selatan, dan masuk ke Inggris pada 2013. Namun seorang petani, Ian Groves, sudah menanamnya di Queensland, Australia, sejak 1957. Groves dianggap sebagai orang pertama yang membawa varietas alpukat ini ke tanah negeri kanguru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Varietas Unggulan

Groves menanamnya sendiri di kebun miliknya, kemudian mendistribusikan hasil panenya ke berbagai daerah, seperti Sydney, Adelaide, dan Perth.

Groves mengaku, keluarganya membeli pohon dan bibit yang berbeda dan ditanam 10 tahun lalu sebagai percobaan. Sempat ingin menyerah setelah menunggu 5 tahun, Groves memutuskan untuk menanam di blok yang kecil, hanya ada 400 pohon. Barulah setelah 4 tahun kemudian, dirinya mendapati hasil panen pertamanya.

Ternyata sampai sekarang sebuah perusahaan di Afrika Selatan yang pertama kali mengembangkan varietas alpukat ini masih memegang hak cipta. Bagi orang yang ingin mengembangkannya, Ian menyarankan untuk mengurus izin terlebih dahulu dan membayar royalti.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.