Sukses

6 Alasan Kuat Anda Harus Mengundurkan Diri dari Kantor

Liputan6.com, Jakarta Alasan yang mendasari seorang karyawan memutuskan resign atau mengundurkan diri dari kantor bisa bermacam-macam, mulai dari gaji yang tidak sepadan, atasan yang kurang kompeten, ataupun rekan kerja yang tidak koperatif.

Membuat keputusan untuk meninggalkan perusahaan memang bukan perkara gampang. Apalagi jika Anda telah bekerja di kantor ini selama bertahun-tahun dengan rekan kerja yang sudah dikenal dengan baik. Sebelum Anda menyerahkan surat pengunduran diri, sebaiknya Anda pertimbangkan 6 alasan kenapa mengundurkan diri adalah solusi terbaik bagi kelanjutan karier Anda, melansir Female Network, Senin (11/6/2018).

Karier Anda tak berkembang

Jika Anda merasa kelangsungan karier Anda telah berada di garis batas tanpa ada tanda-tanda akan berkembang, pertimbangkan untuk berpindah perusahaan demi peningkatan karier. Lebih-lebih jika Anda merasa bahwa potensi diri Anda tidak bisa berkembang lagi, maka sudah seharusnya Anda keluar dari zona nyaman. Seorang karyawan tentu saja bukan mesin. Karena itu jika potensi diri tak berkembang, lambat laun Anda akan merasakan kebosanan akut dalam pekerjaan Anda. Dan jika pekerjaan di kantor Anda tidak lagi memuaskan atau jika karier Anda stagnan, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri dan berlabuhlah di ‘kapal’ baru.

Nilai-nilai perusahaan tidak sesuai dengan Anda

Ini sering terjadi ketika perubahan kepemimpinan perusahaan. Adakalanya saat kepemimpinan berubah, kebijakan yang Anda sukai dan sudah diterapkan sebelunya dalam perusahaan tiba-tiba dihapus. Meskipun setiap perubahan membutuhkan adaptasi, namun tidak semua orang dapat sepenuhnya beradaptasi dengan budaya manajemen baru. Jika nilai-nilai perusahaan sudah tidak sesuai dengan diri Anda, keputusan untuk pindah kantor bisa jadi solusi.

 

2 dari 3 halaman

Masalah dengan rekan kerja menjadi konflik pribadi

Bersitegang dengan rekan kerja dalam masalah pekerjaan memang suatu hal yang wajar dan lumrah terjadi. Tapi jika masalah tersebut merembet menjadi masalah pribadi akan membuat Anda tidak nyaman dan tidak betah. Anda mungkin mencoba menyelesaikan konflik tersebut dengan berbagai cara, namun jika konflik sudah tidak bisa ditangani dan justru makin memburuk, Anda punya alasan kuat untuk angkat kaki.

Terlalu banyak bekerja tapi gaji kurang

Sebagai karyawan, Anda diharapkan memberikan performa dan kinerja terbaik bagi perusahaan. Anda bersedia melakukan tugas Anda dengan sebaik-baiknya dan telah melakukan pekerjaan Anda, bahkan melampaui tugas-tugas Anda. Namun jika upaya Anda tidak diberikan pengakuan atau malah disalahgunakan, maka tidak ada gunanya tetap di bertahan di kantor.

 

3 dari 3 halaman

Anda mulai mendapatkan masalah kesehatan kronis

Setiap orang pernah mengalami sakit kepala atau flu musiman, tetapi jika pekerjaan Anda memicu masalah kesehatan yang terkait dengan stres dan membuat Anda tidak cukup beristirahat, saatnya Anda berkemas. Banyak studi mengungkapkan tentang kematian yang dipicu oleh jam kerja yang panjang dengan gejala-gejala yang tidak diobati. Kesehatan dan kesejahteraan Anda harus didahulukan. Jangan jadikan pekerjaan atau atasan Anda sebagai prioritas.

Anda telah ditawari sesuatu yang lebih baik di tempat lain

Loyalitas kepada perusahaan adalah hal yang penting. Namun pertimbangkanlah bahwa kehidupan yang lebih baik, juga peningkatan karier Anda juga sangat penting. Jika Anda mendapat tawaran yang lebih baik dan sepadan dengan kapasitas diri Anda, jangan ragu-ragu untuk mengajukan pengunduran diri.

Ana Fauziyah