Sukses

5 Kebaikan Cuka Apel untuk Kecantikan, Simak di Sini

Liputan6.com, Jakarta Cuka apel diketahui memiliki banyak manfaat, seperti menjaga gigi tetap kuat, mencegah rambut rontok, mengurangi kadar kolesterol "jahat" dalam darah, memperbaiki daya tahan tubuh dari serangan virus, bakteria, dan jamur, memperkuat gigi dan tulang, serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Ternyata cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Sehingga mencuci wajah dengan cuka apel setiap hari dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kulit wajah.

Melansir dari laman Natural Living Ideas, Senin (28/5/2018), tidak seperti sabun wajah yang mungkin mengandung pewangi dan bahan kimia lainnya yang mengakibatkan kulit rusak dan kasar, cuka apel merupakan bahan alami.

Cuka apel memiliki kandungan asam yang cukup kuat, sehingga sebaiknya dicampur dengan air untuk menggunakannya di wajah. Komposisinya bisa 50 persen cuka apel dan 50 persen air. Untuk penggunaan pertama kali, Anda dapat mencobanya di tangan atau bagian lain selain wajah untuk memastikan tubuh tidak alergi dengannya.

Selanjutnya gunakan cairan ini untuk mencuci muka. Jika digunakan rutin, maka Anda dapat mendapatkan manfaat sebagai berikut.

1. Mengurangi noda hitam

Noda hitam pada wajah bisa dikarenakan penuaan. Mencuci muka setiap hari dengan cuka apel dapat memberikan perbedaan yang nyata dengan noda hitam ini. Sebab cuka apel mengandung asam hidroksi yang menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Kebaikan Cuka Apel untuk Kecantikan

2. Melawan jerawat

Tidak perlu membeli krim khusus untuk melawan jerawat karena cuka apel dapat digunakan untuk mengusirnya. Ini karena cuka apel memiliki kemampuan antibakteri yang mampu menjaga kulit tetap bersih dari bakteri penyebab jerawat.

3. Menyeimbangkan kulit

Saat menyeimbangkan kadar minyak dari kulit, cuka apel juga dapat membantu menjaga pH kulit. Sehingga kulit tidak akan terlalu berminyak ataupun terlalu kering.

 

3 dari 3 halaman

5 Kebaikan Cuka Apel untuk Kecantikan

4. Melawan keriput

Mencuci muka dengan cuka apel dapat membantu mengurangi garis halus dan keriput. Anda bahkan dapat menyasar area kulit yang terdapat keriput dan garis halus lebih baik dengan mengaplikasikan cuka apel hanya di sana dengan kapas.

5. Menghilangkan racun pada wajah

Cuka apel mampu menarik racun dari dalam kulit. Sehingga rutin mencuci wajah dengan cuka apel dapat memberikan kesan kulit segar dan bersinar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.