Sukses

Wajib Coba, 7 Jajanan dan Restoran Halal di Hong Kong

Wisatawan muslim tidak perlu takut kesulitan mencari makan, banyak restoran di Hong Kong yang telah menyediakan menu makanan halal.

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke negara yang mayoritas bukan beragama Islam sedikit menimbulkan kekhawatiran terutama bagi wisatawan muslim. Salah satu negara minoritas muslim yang saat ini menjadi menarik perhatian wisatawan yakni Hong Kong.

Kendala yang paling umum dialami wisatawan muslim saat berkunjung ke Hong Kong adalah mencari restoran halal. Mengingat populasi penduduk muslim di sana masih sangat minim.

Tapi kini wisatawan muslim tidak perlu takut kesulitan mencari restoran halal. Sejumlah restoran dan kafe di Hong Kong sudah banyak yang menyajikan makanan halal dan mendapat sertifikat halal dari pemerintah.

Di mana saja pengunjung dapat menemukan restoran halal tersebut? Simak ulasan yang dihimpun Liputan6.com berikut ini.

1. Islamic Centre Canteen

Ketika bertandang ke Hong Kong, makanan yang wajib dicoba adalah dim sum. Namun, dim sum yang dijual Islamic Centre Canteen ini berbeda dari yang lain karena satu-satunya yang tidak mengandung daging babi alias halal.

Dim sum buatan Islamic Centre Canteen ini berisi daging ayam, udang atau sapi. Selain dim sum, restoran ini juga menyediakan menu makanan lainnya seperti ayam goreng, aneka sup, aneka tumisan hingga nasi goreng.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan berkisar antara 15 - 200 dolar Hong Kong. Islamic Centre Canteen bisa ditemukan di Masjid Ammar dan Osman Ramju Sadick Islamic Centre, 40 Oi Kwan Road, Wan Chai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Chrisly Inn Cafe

Selain dim sum, Hong Kong juga punya makanan khas yakni 'Chinese Cake'. Pada umumnya, 'Chinese Cake' dibuat dengan menggunakan minyak babi.

Tapi di kafe Chrisly Inn, pengunjung terutama wisatawan muslim tidak perlu khawatir. Karena kafe ini menjual berbagai jenis 'Chinese Cake' tradisional bertanda halal. Selain 'Chinese Cake' menu andalan kafe ini adalah Scrambled egg dan milk tea.

"Bakery kami terinspirasi dari menu pastry tradisional china, seperti kue kering, roti nanas, sesuatu yang mungkin saat ini orang sudah jarang menemukannya," ungkap pemilik kafe Chrisly, Martin Khan saat ditemui di Hong Kong baru-baru ini.

Kafe Chrisly Inn berlokasi di Shop 3018, 3/F, Shun Tak Centre, 168-200 Connaught Road Central, Hong Kong.

 

3 dari 7 halaman

3. Panda Cafe

Satu lagi restoran halal yang tak boleh terlewatkan ketika berlibur ke Hong Kong yakni Panda Cafe. Kafe dengan tema binatang panda yang lucu ini berlokasi di dalam taman hiburan Ocean Park.

Kafe ini menyediakan beberapa menu makanan halal. Seperti nasi ayam hainan, nasi bola-bola daging dengan saus tomat, ayam tandoori dan buah-buahan segar.

Menariknya, restoran ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong. Panda Cafe buka pada pukul 10.00 - 18.00/19.30.

 

4 dari 7 halaman

4. Hong Kong Disney Land Restaurant

Disney Land adalah salah satu destinasi yang wajib disambangi ketika berkunjung ke Hong Kong. Wisatawan muslim pun tidak perlu bingung mencari makan.

Restoran di Hong Kong Disney Land menyediakan menu makanan halal dan sudah tersertifikasi. Restoran ini juga menawarkan menu masakan dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Seperti nasi goreng dan sate ayam. "Semua menu makanan kita sesuaikan dengan citra rasa negara asalnya," ujar Rakesh Kumar, Sous Chef Explorer's Club Restaurant, Hong Kong Disneyland.

 

5 dari 7 halaman

5. Jashan Indian Cuisine

Berbeda dari empat restoran sebelumnya, Jashan lebih banyak menawarkan makanan khas timur tengah. Berlokasi di Amber Lodge, 23 Hollywood Road, Central, Hong Kong Island.

Jashan dinilai sebagai salah satu restoran India terbaik di Hong Kong. Ketika masuk ke dalamnya, pengunjung dibuat seolah-olah sedang berada di India atau Arab.

 

6 dari 7 halaman

6. Lee Keung Kee North Point Egg Waffles

Jajanan pinggir jalan juga menjadi salah satu yang ditawarkan di Hong Kong. Namun jajanan pinggir jalan seringkali dikhawatirkan para turis muslim karena banyak yang tidak halal.

Tapi beda dengan Egg Waffle satu ini. Lee Keung Kee adalah satu-satunya Egg Waffle yang tidak mengandung minyak babi di Hong Kong.

Pengunjung bisa mendapatkan waffles ini di 492 King's Road, North Point, Hong Kong Island dengan harga 8 dolar Hong Kong atau setara Rp 16 ribu.

 

7 dari 7 halaman

7. Green Common

Konsumsi vegetarian menjadi pilihan lain bagi wisatawan muslim ketika bingung mencari makan di Hong Kong. Salah satu restoran vegetarian yang wajib dikunjungi yakni Green Common.

Semua makanan yang disajikan Green Common menggunakan bahan dasar sayuran. Bagi pengunjung yang ingin makan enak namun tetap sehat, kunjungi Green Common yang berlokasi di Ocean Terminal, Harbour City Mall, Kowloon.Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.