Sukses

Mel Ahyar Hadirkan 4 Tarian Makassar dalam Tapak Rentak

Liputan6.com, Jakarta Desainer Mel Ahyar dan penyanyi Andien berkolaborasi menciptakan label Happa. Untuk koleksi terbaru yang penuh warna mereka tampilkan di gelaran Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2018 pada Minggu (22/4/2018).

Koleksi yang dinamai Tapak Rentak tersebut terinspirasi dari tarian empat suku di Makassar, yaitu Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja. Kain-kain autentik dari Makassar pun didatangkan untuk menciptakan koleksi dengan potongan modern.

"Tari empat etnis ini membawa pesan perpaduan antara perbedaan dapat menciptakan keindahan dalam pluralisme. Seperti halnya individu dengan tiap karakternya, tari empat etnis ini memiliki filosofi sendiri," ujar Mel Ahyar.

Tari Pakarena yang berasal dari Makassar ini mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, lembut setia, dan patuh. Tarian ini perlambang ucapan syukur para penduduk Bumi untuk penghuni langit. Gerakan yang ada pun menggambarkan siklus kehidupan manusia. Tari pajoge dari Bugis digunakan sebagai tari sambutan untuk para pendatang.

Tari Pa’gellu berasal dari Toraja dan berfungsi sebagai tarian yang bersifat hiburan dan memeriahkan suatu acara. Tarian ini juga sebagai ungkapan rasa syukur atas kebahagiaan yang didapat. Tari Pa’tuddu dari Mandar ini merupakan tarian penyambutan terhadap tamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mel Ahyar Hadirkan 4 Tarian Makassar dalam Tapak Rentak

Tarian empat etnis yang indah dan berwarna ini nampak pada koleksi dengan penggunaan warna-warna cerah seperti orange, kuning, tosca, dan biru yang menampakkan keindahan tarian tersebut. Warna-warna earthy juga ditampilkan untuk memperlihatkan karakter wanita penari yang rendah hati dan lemah lembut. Untuk memperlihatkan karakter ramah untuk menyambut, siluet indah yang melambai jatuh juga menjadi daya tarik pada koleksi kali ini, dengan cutting asimetris yang menggambarkan kedinamisan.

 

3 dari 3 halaman

Mel Ahyar Hadirkan 4 Tarian Makassar dalam Tapak Rentak

Tidak lupa dengan ciri khas Happa yakni print, kali ini kita menggunakan print atribut penari dan tari-tarianyang cantik sebagai identitas. Print malang melintang yang dibuat untuk menggambarkan empat sisi yang saling bertemu ini juga terdapat pada koleksi kali ini.

Pemakaian tenun Makassar Pakduredure serta kain lagosi khas Makassar ini juga digunakan sebagai salah satu signature dalam koleksi kali ini. Wastra Makassar ini bertujuan untuk mengangkat hasil budaya masyarakat itu sendiri. Memberi kebaruan, pada koleksi kali ini juga hadir dengan statement bordir dengan beading yang menggantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.