Sukses

Wanita Lebih Mungkin Punya Rambut Pirang daripada Pria, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Rambut pirang sempat menjadi tren warna rambut favorit. Meski sudah banyak tren warna rambut bermunculan, rambut pirang tetap memiliki penggemarnya. Namun, sadarkah Anda bahwa sebagian besar rambut pirang dimiliki oleh wanita?

Sebuah penelitian terbesar yang pernah dilakukan terhadap gen dan warna rambut menyatakan bahwa wanita lebih cenderung memiliki rambut pirang daripada pria. Penelitian ini berfokus pada orang keturunan Eropa karena dinilai warna rambutnya lebih bervariasi daripada Afrika maupun Asia yang kebanyakan berwarna hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wanita Lebih Mungkin Punya Rambut Pirang daripada Pria, Kenapa?

Tim ilmiah internasional menemukan bahwa wanita dua kali lebih mungkin memiliki rambut pirang alami daripada warna hitam. Profesor Tim Spector pun masih mempertanyakan kenapa wanita lebih cenderung berambut pirang daripada pria.

"Kami pikir gen-gen tersebut diekspresikan secara berbeda. Jadi untuk beberapa alasan, gen-gen pirang yang mungkin ada pada saat kelahiran bertahan pada wanita dan menghilang pada pria," ujar Spector, seperti dilansir dari Independent pada Kamis (19/4/2018).

3 dari 3 halaman

Wanita Lebih Mungkin Punya Rambut Pirang daripada Pria, Kenapa?

Sebagai perbandingan, mereka mengungkapkan bahwa justru pria mengalami tiga kali kemungkinan memiliki rambut hitam daripada wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.