Sukses

Kulit Cantik dan Sehat dengan 4 Cara Eksfoliasi Ini

Eksfoliasi kulit bisa dilakukan sendiri di rumah, penasaran caranya? Simak ini.

Liputan6.com, Jakarta Eksfoliasi kulit tidak harus dilakukan di salon, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Eksfoliasi tidak hanya berguna untuk mengelupas sel kulit mati, namun juga menghilangkan minyak, serta kotoran yang ada di pori- pori kulit Anda.

Seperti yang Anda ketahui, eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari, lakukan hanya tiga kali dalam seminggu. Dilansir dari sheknows.com, Kamis (1/3/2018), berikut ini adalah resep melakukan eksfoliasi sendiri di rumah untuk membuat kulit lebih cantik dan sehat. Penasaran?

1. Baking soda

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk eksfoliasi ini adalah baking soda, pembersih wajah, dan air. Campurkan baking soda dengan pembersih wajah untuk diaplikasikan langsung ke kulit wajah, biarkan selama lima sampai sepuluh menit sebelum membilasnya dengan bersih.

2. Gula

Gula adalah bahan eksfoliasi yang paling alami. Bahan- bahan yang Anda butuhkan adalah setengah sendok teh madu, satu sendok teh gula, dan jus lemon yang segar.

Campurkan madu, gula, dan jus lemon menjadi satu. Jika campuran terasa terlalu encer, tambahkan sedikit gula lagi untuk menjadikannya bahan eksfoliasi kulit Anda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Eksfoliasi sendiri di rumah dengan cara ini

3. Kopi

Kopi termasuk ke dalam bahan eksfoliasi terbaik karena memiliki efek anti inflamasi dan bisa meningkatkan produksi kolagen. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah satu sendok makan kopi bubuk dan satu sendok makan air atau minyak zaitun.

Campurkan kopi dan air atau minyak zaitun sebelum diaplikasikan ke kulit wajah. Jika Anda menggunakan minyak zaitun, hindari mengaplikasikan pelembap wajah sesudahnya, karena terlalu lembap hanya akan menyebabkan munculnya jerawat.

3 dari 3 halaman

Eksfoliasi sendiri di rumah dengan cara ini

4. Oatmeal

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah satu sendok makan oatmeal, seperempat sendok teh garam, dan satu sendok teh air. Campurkan oatmeal dengan garam, tambahkan air untuk menjadikannya pasta, gosokkan perlahan ke permukaan kulit wajah dengan gerakan melingkar, diamkan selama lima sampai sepuluh menit, sebelum membilasnya dengan bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.