Sukses

Hati-Hati Ini 4 Tanda Rekan Kerja Berusaha Menjatuhkan Anda

Liputan6.com, Jakarta Masing-masing orang tumbuh dengan didikan serta pengalaman yang berbeda-beda. Ini yang menciptakan beragam karakter dari individu-individu. Ada yang dewasa, kekanak-kanakan, kompetitif, rajin, pemarah, pendendam, rendah hati, baik, dan lain sebagainya. Sebagaimana lingkungan pada umumnya, tempat kerja juga diisi oleh bermacam-macam orang seperti itu.

Sebagian rekan kerja mungkin akan dengan senang hati membantu Anda kala mengalami kesulitan, tapi sebagian lainnya mungkin akan meremehkan Anda dan bahkan berupaya dengan segala cara untuk menjatuhkan Anda.

Apa saja tanda-tanda seorang rekan kerja sedang berusaha menjatuhkan Anda? Berikut ini adalah empat tandanya, seperti dilansir dari halaman Business Insider pada Sabtu (30/12/17).

Lebih dari sekadar kompetitif

Antara sikap kompetitif dan ingin menjatuhkan memang samar untuk dibedakan. Rekan kerja yang sangat kompetitif akan berupaya untuk “mengalahkan” siapa pun rekan kerja di sekitarnya. Namun, jika seorang rekan kerja selalu “mengincar” Anda secara spesifik, kemungkinan ia bukan sekadar kompetitif, melainkan juga memang berniat untuk menjatuhkan Anda.

 

Ilustrasi Wanita Karir (iStockphoto)

Jika seorang rekan kerja sesekali bercerita tentang emosi negatif atasan, mungkin ia sedang mencari anggota baru dari “kubunya” atau berupaya membuat Anda mengambil sikap lebih “lembut” (karena ia yang sesungguhnya waspada terhadap Anda).

Namun, bila ia selalu saja menceritakan sisi negatif atasan kepada Anda dalam berbagai kesempatan, maka kemungkinan ia sedang mengintimidasi mental Anda secara tak langsung agar Anda lebih mudah untuk dijatuhkan.

 

1 dari 4 halaman

Mengintimidasi mental

2 dari 4 halaman

Menebar rumor

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Hal ini mungkin menjadi salah satu hal yang sangat menyakitkan sekaligus tricky di tempat kerja. Digosipkan secara negatif bisa merusak reputasi Anda. Ketika Anda melacak sumber rumor dan mengetahui siapa yang melakukannya, pastikan untuk tidak gegabah dalam meresponsnya.

Pikirkan secara matang tentang tindakan apa yang perlu dilakukan. Jangan sampai Anda justru dituduh balik sedang menebar fitnah mengenai si sumber gosip.

 

3 dari 4 halaman

Bertindak seperti atasan

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Jika ada seseorang yang secara struktur jabatan selevel dengan Anda tapi ia mengambil wewenang sebagai atasan, maka kemungkinan ia sedang berusaha menyingkirkan Anda dengan membuat Anda merasa tak nyaman.

Tolaklah secara baik dan jelaskan bahwa perintahnya perlu dikonsultasikan dulu dengan atasan karena hal tersebut merupakan wewenang atasan dalam mengatur sistem kerja.

Bio In God Bless

Artikel Selanjutnya
7 Tips Ini Bantu Kamu Merasa Lebih Bahagia di Kantor
Artikel Selanjutnya
Jenuh dan Lelah dengan Pekerjaan Kantor? Buruan Atasi dengan 5 Cara Jitu Ini