Sukses

Tubuh Langsing Setelah Melahirkan, Lakukan 5 Hal Ini

Setelah melahirkan tubuh akan melar dan berubah. Lakukanlah beberapa hal mudah ini untuk mengembalikan bentuk tubuh sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Di saat hamil, pasti Anda mengonsumsi banyak makanan bernutrisi untuk buah hati Anda. Tidak jarang, ibu yang setelah melahirkan akan mengalami kenaikan berat badan. Bahkan bentuk fisik setelah melahirkan, akan berubah drastis. Untuk mendapatkan badan langsing seperti sebelum hamil, lakukanlah beberapa hal ini seperti dilansir dari Webmd.com, Selasa (26/9/2017).

1. Jaga Pola Makan Anda
Sama halnya seperti orang diet pada umumnya, diet bukanlah tidak makan maupun mengurangi porsi makan secara signifikan. Setelah melahirkan, tubuh masih membutuhkan asupan makanan yang cukup. Anda dapat mulai dari mengkonsumi makanan yang berlemak, dan melanjutkan dengan olahraga ringan. Pastikan asupan buah-buahan, sayuran dan makanan protein seperti daging tetap dikonsumsi secara rutin. Setelah melahirkan, usahakan Anda mendapatkan minimal 1.600 kalori per hari.

2. Menyusui
Terdapat beberapa penelitan mengenai hal ini, yang mengatakan bahwa ibu yang menyusui anaknya akan membantu menuruni berat badan. Menyusui secara eksklusif dapat membatu Anda, kembali ke bentuk tubuh sebelumnya. Menyusui memberikan manfaat baik bagi bayi Anda, dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, Anda tetap harus mendapatkan asupan makanan yang cukup untuk dapat menyusui anak Anda. Namun tidak hanya sekadar menyusui saja, Anda dapat tambahkan dengan olaharaga ringan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Banyak Bergerak

Setelah melahirkan, ibu memang disarankan untuk tidak melakukan olahraga berat seperti gym. Lebih baik, mengganti olahraga berat dengan banyak bergerak. Setelah melahirkan, Anda pastinya akan memiliki banyak kesibukkan di rumah mengurus si kecil. Secara tidak langsung, tubuh Anda bergerak lebih banyak dari biasanya. Hal ini membantu tubuh membakar lemak, hingga penurunan berat badan.

4. Minum yang Banyak
Pastikan Anda tidak dehidrasi. Minumlah banyak air putih, dan mempersiapkan persedian air putih kemanapun Anda pergi. Sibuk mementingkan buah hati Anda, sering kali para ibu lupa dengan kondisi tubuh mereka sendiri. Dengan meminum air yang banyak, dapat mempercepat metabolisme tubuh. Hal ini yang akan membuat Anda mudah mengembalikan tubuh seperti semula, minimal meminum depan gelas air putih per harinya.

5. Waktu Tidur yang Cukup
Saat memiliki bayi, Anda tampaknya sulit memiliki waktu tidur yang teratur. Pada malam hari, anak Anda mungkin rewel dan membuat Anda terjaga sepanjang malam. Kurang tidur akan membuat Anda mudah stres, dan emosi tidak stabil. Untuk menurunkan berat badan, peran waktu tidur juga berpengaruh besar. Dengan waktu tidur yang cukup, Anda lebih bersemangat untuk melakukan banyak hal. Untuk itu, pastikan mendapatkan tidur 7-8 jam per malam.

 

Fellisia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini