Sukses

Sekolah IT DEL Tebar Pesona Danau Toba Lewat Vinculos

Kelompok musik Vinculos dari Spanyol bakal menampilkan pertunjukan konser simfoni di lokasi istimewa, Amphitheater di Institut Teknologi DEL

Liputan6.com, Jakarta Kelompok musik Vinculos dari Spanyol bakal mendapat pengalaman baru ketika menggelar aksi panggung di Danau Toba, Sumatera Utara, 26 Juli-2 Agustus 2017.

Grup orchestra beranggotakan 50 orang ini bakal menampilkan pertunjukan konser simfoni di lokasi istimewa, Amphitheater di Institut Teknologi DEL (IT DEL). Institut ini terletak di Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara.

Menurut rencana, Vinculos akan menggelar konser simfoni di IT DEL, Sabtu, (29/7). Pertunjukan Vinculos di IT DEL ini bakal meninggalkan kesan mendalam. Mereka bakal menggelar konser di auditorium terbuka dengan latar belakang Danau Toba lengkap dengan lansekap deretan perbukitan. Konser simfoni semakin eksotis karena bertepatan dengan waktu matahari terbenam (sunset).

Aksi panggung  ini membuat Danau Toba semakin mendunia karena penyelenggara bakal menyiarkan langsung konser mereka melalui  streaming di Youtube. Pagelaran ini bakal semakin semarak.

Panitia mengundang 600 siswa dari sekolah dasar/menengah/tinggi di Kab. Tobasa untuk menyaksikan konser ini. Devi Simatupang, Istri Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dijadwalkan bakal menghadiri konser Vinculos di IT DEL.

Sekolah IT DEL berdiri sejak 2001 atas inisiatif Luhut untuk menciptakan pendidikan bermutu tinggi di sekitar Danau Toba. Hingga kini, IT DEL telah meluluskan 13 angkatan sampai Oktober 2016.Pemilihan tempat  "remote area" IT DEL di tepi Danau Toba bertujuan agar proses pendidikan benar-benar terfokus dan tidak terpengaruh oleh kegiatan atau aktivitas luar/perkotaan. Sementara untuk akses informasi dari luar dapat dilakukan dengan Internet dan TV Satelit (Kabel).

Indonesia sendiri  mendapat kehormatan sebagai negara Asia pertama yang mendapat kunjungan dari Vinculos. Datang ke Indonesia, mereka mengusung tema Unidad La Diversidad atau Bhineka Tunggal Ika. Vinculos proyek untuk mempromosikan nilai sosial dan budaya melalui musik tanpa memandang suku, agama, ras, dan kebangsaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku penggagas kunjungan Vinculos ini merancang pusat kegiatan mereka di Taman Bumi Kaldera Toba (Caldera Toba Geopark) dengan tema “Super Volcano”.

Lokasi ini menjadi ikon baru di kawasan Danau Toba yang oleh Presiden Joko Widodo dan Menpar Arief Yahya sudah ditetapkan sebagai satu dari 10 Bali Baru, atau destinasi prioritas itu. Kegiatan ini bukan semata-mata untuk diplomasi dan interaksi budaya dua negara, Spanyol-Indonesia, tetapi lebih menitik-beratkan promosi wisata Danau Toba kepada dunia.  

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menjelaskan, sengaja memusatkan kegiatan di Taman Bumi Kaldera Toba agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing.

“Lokasi kegiatan ini sengaja dirancang oleh kami Direktorat Jenderal Kebudayaan agar Taman Bumi Kaldera Toba (Caldera Toba Geopark) dengan tema 'Super Volcano' menjadi ikon pariwisata kawasan Danau Toba saat ini dapat memberi nilai lebih dan berdampak hebat pasca kunjungan musikal grup Vinculos di tanah Batak," papar Hilmar.

Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata, Hiramsyah Thaib mengaku gembira dengan program Kemendikbud ini. Dia mengucapkan terima kasih kepada gagasan Kemendikbud mengemas agenda akulturasi Spanyol-Indonesia dengan kegiatan pariwisata di Danau Toba.

"Terima kasih, ini semangat Indonesia Incoporated yang canggih. Memang sangat penting mengangkat misi pertukaran budaya, sosial dan pendidikan di destinasi Danau Toba, ini akan memantik wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba," ujar Hiram didampingi Dirut Badan Otorita Pariwisata (BOP) Danau Toba, Sumut, Arie Prasetyo.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.