Sukses

Terlalu Cantik, Traveler Dilarang Selfie di Desa Ini

Traveler cantik yang nekat melakukan selfie di desa ini harus membayar denda £4 atau setara dengan Rp 68 ribu.

Liputan6.com, Jakarta Jika melihat destinasi wisata dengan pemandangan cantik, hal pertama yang ingin Anda lakukan tentulah mengabadikan momen menggunakan gawai. Namun, jangan berani-berani melakukan aktivitas ini selama berada di Bergun, Swiss.

Penduduk desa ini memberlakukan larangan bagi traveler yang ingin mengabadikan gambar melalui selfie maupun kegiatan fotografi lainnya. Alasannya adalah karena tempat yang terlalu indah ini bisa membuat orang-orang yang tak punya kesempatan untuk datang ke sana akan merasa sedih dan sengsara.

Dilansir dari thesun.co.uk, Rabu (7/6/2017), siapa pun yang tertangkap basah membidik gambar akan dikenai sanksi berupa denda sebesar £4 atau setara dengan Rp 68 ribu.

sumber : thesun.co.uk

Dari laman resmi Kantor Pariwisata Bergün dijelaskan, keputusan ini diambil berdasarkan voting yang dilakukan oleh penduduk desa. Mereka sangat peduli terhadap kebahagiaan orang-orang yang hanya bisa melihat gambar-gambar pemandangan desa yang cantik di media sosial seperti Facebook atau Instagram. Di sana tertulis, "Terbukti secara ilmiah, foto-foto liburan yang indah di sosial media dapat membuat netizen yang melihatnya merasa tak bahagia karena mereka tak dapat mengunjungi tempat tersebut."

Pemerintah Desa Bergün membuat aturan ini karena memikirkan kebahagiaan semua orang. Selain itu, penduduk dan pemerintah berharap orang-orang dapat melihat langsung keindahan pemandangan di sana dengan mata kepala sendiri daripada lewat media sosial. 

sumber : thesun.co.uk

sumber : thesun.co.uk

Nantinya, uang denda dari traveler yang melanggar aturan ini akan dikumpulkan untuk biaya perlindungan lingkungan setempat. Saking seriusnya pemerintah desa di Swiss ini membuat larangan unik tersebut, mereka bahkan sudah menghapus semua foto di laman media sosial resmi seperti Facebook dan Twitter. Hal ini tentulah mengundang reaksi banyak pihak. Sebab, sebagian besar traveler memang sengaja datang ke tempat ini untuk mengabadikan gambar pemandangan di desa tersebut.

Kalau punya hobi berwisata selfie, Indonesia punya banyak destinasi yang seru buat kamu. Rencanakan liburan Anda sekarang juga dengan beli tiket pesawat dan booking hotel di Reservasi.com. Berbagai diskon menarik dan jaminan harga terbaik ada di sini!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.