Sukses

Mengintip Ritual Pilot dan Pramugari Sebelum Penerbangan

Liputan6.com, Jakarta Pilot dan pramugari merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Mereka harus memastikan sebuah penerbangan berjalan dengan aman dan nyaman bagi para penumpang.

Sebelum terbang, mereka perlu melakukan berbagai persiapan yang sering kali tidak diketahui penumpang.

Jumat (21/4/2017), Liputan6.com berkesempatan melihat sejumlah persiapan yang dilakukan pilot dan pramugari sebelum memulai penerbangan. Berlokasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pilot dan pramugari Garuda Indonesia tengah melakukan "ritualnya".

Di penerbangan spesial Hari Kartini itu, Kapten Ida Fiqriah memimpin penerbangan. Sebelum terbang, ia mengumpulkan data-data terkait penerbangan. Kapten Ida Fiqriah merupakan perempuan pertama yang mendapat gelar kapten pilot di Garuda Indonesia. Setelah menggeluti profesi itu selama kurang lebih 18 tahun, ia dilantik menjadi kapten pada 5 April 2017.

Di sebuah ruangan, ia meminta data-data seperti kondisi cuaca, angin, dan hal-hal lain yang mendukung penerbangan. Jika ada yang kurang, ia pun tak ragu untuk melengkapinya.

Kapten pilot Garuda Indonesia Ida Fiqria dan kopilot Sari Ardisa berpose dengan para pramugari di bandara Minangkabau, Padang, Sumbar, Jumat (21/4). (Liputan6.com/Angga Yunair)

Kemudian, Ida Fiqriah masuk ke dalam ruangan briefing bersama para pramugari. Ia menjelaskan sejumlah hal terkait penerbangan. Dengan sigap, para pramugari pun mencatat apa yang dikatakan oleh sang kapten.

Selanjutnya, kapten, kopilot, dan para pramugari dites kesehatannya. Tekanan darah dan kadar alkohol dalam darah perlu dicek. Jika tidak memenuhi standar, mereka tidak diizinkan terbang.

Batas atas tekanan darah adalah 160/100 dan batas bawah adalah 80/50. Sementara kadar alkohol dalam darah batas atasnya adalah 0,05 persen.

Rahasia pramugari tampil cantik? "Tentu kami berdandan dulu sebelum dijemput. Memakai makeup dan menyanggul rambut wajib dilakukan sebelum terbang," ujar Gloria Saragih, salah satu pramugari kepada Liputan6.com.

<iframe class="vidio-embed" src="https://www.vidio.com/embed/704858-kartini-flight-terbang-bersama-seluruh-awak-kabin-perempuan?autoplay=true&player_only=false&live_chat=false&" width="560" height="480" scrolling="no" frameborder="0" allowfullscreen></iframe><script src="//cdn0-a.production.vidio.static6.com/assets/javascripts/vidio-embed.js"></script>