Sukses

Berikut 8 Hal Unik yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Payudara

Simak 8 hal unik yang mungkin belum Anda ketahui mengenai payudara.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda masih ingat ketika payudara Anda pertama kali muncul. Berbagai macam kekhawatiran kerap muncul di dalam pikiran Anda mengenai bentuk payudara yang normal. Percaya atau tidak, hal-hal unik ini memang terjadi pada payudara seorang wanita. Lalu apakah hal ini normal?

Dilansir dari Seventeen, Senin (20/03/2017), berikut delapan hal unik yang terjadi pada fisik payudara seorang wanita.

1. Puting Berbulu
Jangan panik ketika menemukan rambut gelap di sekitar puting payudara. Hampir setiap orang memiliki beberapa rambut halus yang tumbuh di sekitar puting atau areola (lingkaran gelap di sekitar puting). Hal ini sebenarnya normal karena pertumbuhan rambut tersebut sesuai dengan hormon dan gen seseorang.

Anda tidak perlu malu jika mendapati hal ini, akan tetapi jika ingin menghilangkannya, Anda bisa mencabutnya dengan menggunakan pinset atau gunting kuku. Tetapi sangat disarankan untuk membiarkannya tumbuh selama tidak mengganggu. Jika rambut yang tumbuh terlalu banyak, mungkin terdapat ketidakseimbangan hormon dan perlu berkonsultasi dengan dokter.

2. Ukuran Tidak Sama
Jika berdiri di depan kaca dan memperhatikan bentuk payudara, mungkin Anda akan memdapati ukuran keduanya tidak sama besar. Hal ini sangat normal terjadi terlebih ketika payudara pertama kali berkembang. Akan tetapi lama kelamaan ukuran mereka akan sama walaupun tidak akan pernah sama persis. Anda tidak perlu stres jika hal ini terjadi. Cukup dengan menggunakan bra yang empuk, kemudian menambahkan busa agar satu sisi mirip dengan sisi lain. Akan tetapi jika perbedaan keduanya sangat jauh, Anda bisa bertanya pada dokter mengenai ketidakseimbangan hormon tersebut.

3. Puting Besar
Setiap wanita akan memiliki bentuk dan ukuran puting yang berbeda-beda. Karena tidak ada ukuran standar atau bentuk, sehingga yang perlu Anda lakukan adalah belajar untuk menerima apa yang menjadi milik Anda selama itu masih normal.

4. Selalu Berkembang
Payudara akan terus berkembang bahkan hingga usia 20-an. Maka jangan terlalu stres dan mengkhawatirkan sampai mana berkembangan payudara Anda. Ukuran payudara setiap orang memang berbeda-beda dan Anda tidak perlu malu dengan ukuran payudara yang kecil.

5. Muncul Rasa Sakit
Ketika payudara mulai berkembang atau pada saat periode haid, maka akan terasa sakit dan nyeri. Terlebih jika ukuran payudara yang cukup besar dan ketika berolahraga, akan terjadi pergesekan dengan pakaian yang akan menimbulkan rasa sakit. Hal ini sangat wajar, karena pada periode haid, terjadi peregangan kulit dan saraf di sekitar payudara. Gelombang hormon juga mengakibatkan payudara sangat sensitif ketika disentuh pada sebelum dan selama periode haid. Untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa mengkompres dengan air dingin. Tetapi jika rasa sakit tetap tidak hilang maka perlu berkonsultasi dengan dokter.

6. Terdapat Benjolan
Yang Anda bayangkan ketika mendapati benjolan pada payudara adalah kanker atau kista. Sebenarnya, beberapa wanita akan mendapati benjolan pada payudara mereka karena fluktuasi hormonal atau perubahan jaringan payudara. Namun, jika terdapat benjolan yang menyakitkan, membuat kulit payudara mengkerut dan tidak hilang-hilang maka perlu periksakan kedokter.

7. Puting Berwarna Gelap
Lingkaran pada sekitar puting atau yang disebut areola memiliki warna yang berbeda-beda. Beberapa wanita akan memiliki puting yang berwarna gelap, bebapa lagi memiliki kulit yang berwarna terang.

8. Bentuk Puting
Bentuk puting payudara setiap orang akan berbeda-beda. Sebenarnya ada empat jenis puting yaitu normal (puting hanya akan menempel keluar beberapa milimeter), datar (puting tidak menonjol sama sekali), (puting bengkak, datar dan aerola sedikit terangkat), dan terbalik (puting berbalik ke dalam)

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini