Sukses

Menjaga Pernikahan Tetap Mesra Meski Telah Dikaruniai Anak

Fokus pasangan suami istri biasanya akan terbelah saat dikaruniai seorang anak. Bagaimana cara menjaga agar pernikahan tetap hangat?

Liputan6.com, Jakarta Saat dikaruniai anak, fokus suami istri biasanya lebih kepada anak-anak, karena ingin memberikan hal yang terbaik bagi buah hati. Kadang hal tersebut membuat suami atau istri lalai memperhatikan kebutuhan pasangan. Sangat penting untuk terus melanjutkan kehangatan hubungan pernikahan, karena saat putra-putri Anda tumbuh besar, mereka akan melanjutkan kehidupannya sendiri. Dan orang yang menemani masa tua Anda adalah pasangan. Karena itulah mengapa Anda terus menjaga hubungan pernikahan tetap hangat seperti saat pertama menikah.

Berikut tips agar hubungan pernikahan tetap hangat meski sudah dikaruniai anak, seperti dilansir dari Good House Keeping, Kamis (2/3/2017).

1. Jadikan pasangan Anda sebagai prioritas
Saat telah memiliki anak, fokus Anda biasanya sepenuhnya kepada anak-anak karena mereka memang membutuhkan perhatian lebih. Namun jangan lupakan bahwa kehadiran anak-anak merupakan buah cinta Anda dengan pasangan sehingga kebutuhan pasangan juga harus tetap diomorsatukan. Tunjukkan bahwa Anda mencintai pasangan Anda kepada anak-anak agar mereka bisa belajar bagaimana menghargai kedua orang tuanya.

2. Berikan kejutan kecil
Anda bisa memberikan bunga di hari-hari yang tidak terduga, tanpa ada alasan yang melatarbelakangi atau ada hari khusus yang diperingati. Anda bisa mengirimkan SMS I Love You saat dia sedang bekerja. Anda bisa memijatnya tanpa diminta. Hal-hal sederhana seperti itu bisa Anda lakukan untuk meyakinkan pasangan bahwa Anda selalu memperhatikan dan mencintainya. Jangan lupa untuk sering-sering memuji pasangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Bertukar peran sesekali

Rutinitas yang sama setiap hari bisa menimbulkan kejenuhan. Kejenuhan bisa berdampak negatif dalam hubungan pernikahan. Untuk mengatasinya, Anda bisa berganti peran sesekali. Anda bisa bergantian melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga seperti memasak, menyapu, menjemput anak-anak, mencuci baju, dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

4. Berkencan

Waktu berdua tanpa diributkan oleh rengekan dan tangisan anak-anak sangat penting. Jadwalkan untuk berkencan hanya berdua saja. Anda bisa menonton film di bioskop seperti yang dilakukan saat pacaran, mendatangi tempat-tempat yang berkesan buat Anda berdua, atau makan malam berdua. Waktu berkualitas yang anda miliki berdua akan semakin menghangatkan asmara dalam pernikahan.

4 dari 5 halaman

4. Berkencan

Waktu berdua pasangan memang penting, namun meskipun Anda berdua sudah bersatu dalam pernikahan, Anda berdua masih merupakan dua individu yang berbeda. Lakukan aktivitas me-time untuk men-charge baterai Anda. Ada bisa membaca buku, melakukan liburan sendirian, atau pergi berbelanja. Saat-saat Anda sendirian akan membuat Anda menemukan diri Anda kembali.

5 dari 5 halaman

6. Perhatikan cara Anda berkomunikasi dengan pasangan

Terakhir, selalu perhatikan cara Anda berkomunikasi dengan pasangan. Anda mungkin tidak sengaja mengomeli pasangan karena suatu hal. Namun omelan atau rengekan tidak akan membantu Anda menyelesaikan masalah. Berkomunikasilah dengan hangat dan hindari kata-kata kasar. Cara komunikasi yang baik akan membuat pasangan merasa dihargai dan hal tersebut sangat berperan penting menghangatkan pernikahan Anda. (Ana Fauziyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini