Sukses

6 Gaya Fashion Terpopuler Jokowi di Media Sosial di tahun 2016

Gaya fashion Presiden Jokowi tidak luput dari perhatian para netizen di media sosial pada tahun ini. Berikut rangkumannya

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi memang menjadi buah bibir setiap orang di republik ini, mulai dari kebijakannya hingga banyak kebiasaan yang berbeda dari presiden kebanyakan. Fashion yang dikenakan Jokowi juga tidak luput dari perhatian para netizen di media sosial pada tahun ini. Inilah 6 fashion populer Presiden Jokowi di media sosial yang dirangkum oleh Liputan6.com.

Batik Jokowi

Jokowi dan JK tersenyum satu sama lain setelah memakai kopiah, Pasaraya Blok M, Jakarta, Kamis (2/10/2014) (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sejak Jokowi menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ke tujuh, batik yang digunakan oleh Jokowi ketika berbagai kunjungan kenegaraan menjadi favorit dan populer di media sosial. Bahkan para netizen sering mencari motif dan bentuk yang sama dengan yang dikenakan Presiden Jokowi. Suprapto, penjahit langganan Jokowi menyatakan ada beberapa motif yang sering dipesan, yaitu batik motif Padi Seikat warna hitam dan cokelat, serta motif Rajawali merah dan batik Kawung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sepatu Cibaduyut Jokowi

Sepatu Cibaduyut Jokowi

Jokowi mengganti sepatu lamanya dengan sepatu kulit hitam dengan sol karet berwarna gelap. (Luqman Rimadi/Liputan6.com)
Banyak yang menyangka, Jokowi ketika berpergian menggunakan sepatu kelas internasional. Ternyata dalam kegiatannya, Jokowi hanya mengenakan sepatu yang dibeli dari cibaduyut. Pernyataan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan pada 25 Juli 2016 ini menggegerkan media sosial. Banyak tanggapan positif mengenai kebiasaan presiden yang mengenakan produk dalam negeri dan tampil sederhana.

3 dari 6 halaman

Baju Batak Jokowi

Baju Batak Jokowi

Presiden Jokowi di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Foto: Kementerian Pariwisata
Baju Batak yang dikenakan oleh Presiden Jokowi langsung menjadi kontroversi di kalangan netizen. Mereka menyangka Jokowi mirip dengan seorang artis internasional yang bernama Shia, saat mengenakan topi tali-tali yang dibuat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara. Topi ini juga menjadi kontroversi dikalangan pemuka adat Batak. Namun Edward Hutabarat, desainer baju untuk kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba pada 21 Agustus 2016 ini, menyatakan semua sudah dipertimbangkan melalui Staf Kepresidenan Indonesia.

4 dari 6 halaman

Jaket Bomber Jokowi

Jaket Bomber Jokowi

Netizen menganalisis merek jaket bomber berwarna hijau army dengan aksen hitam yang dipakai Jokowi saat memberikan keterangan perihal demo 4 November.
Berawal dari siaran pers dari Istana Negara menanggapi aksi 4 Novembe 2016, jaket bomber yang dikenakan Presiden Jokowi menjadi viral di media masa dan media sosial. Belakangan diketahui, jaket bomber ini milik anaknya, Kaesang Pangarep yang dipinjam ketika mengadakan siaran pers. Tapi tetap saja, para netizen langsung berburu jaket ini hingga stok jaket bomber di berbagai outlet habis seketika.

5 dari 6 halaman

Payung Biru Jokowi

Payung Biru Jokowi

Setelah fenomenal jaket bomber Jokowi, kini payung biru yang dipakai Jokowi sudah dibuka open order. (via: Twitter)
Setelah mengenalkan jaket bomber, Jokowi membuat media sosial ramai karena beliau mengggunakan payung biru yang dipegang sendiri, saat menghadiri shalat Jum’at di lapangan Monumen Nasional pada 2 Desember 2016. Seketika itu juga, banyak netizen yang melakukan open order, alias membuka pesanan untuk membeli payung biru yang mirip dengan punya Jokowi.

6 dari 6 halaman

Sandal Biru Jokowi

Sandal Biru Jokowi

Setelah fenomena jaket bomber dan payung, kini giliran sandal biru Presiden Jokowi yang diburu banyak orang.
Ketika berbelanja di Balikpapan Super Blok pada 4 Desember 2016, Presiden Jokowi mampir di salah satu toko dan membeli sandal berwarna biru. Bahkan Jokowi ditawari diskon hingga 70 persen untuk membeli sandal ini. Dalam instagramnya, Jokowi menyatakan bahwa ia bisa membeli sandal produk Indonesia yang berkualitas dengan harga Rp.119 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini