Sukses

Ingin Buah Hati Sukses di Masa Depan? Bicaralah dengan Cara Ini

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya sukses di masa depan. Berikut salah satu cara untuk mewujudkannya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda memiliki anak, sebagian dari Anda mencari sebanyak-banyaknya informasi dari buku, saran, hingga beragam pengetahuan melalui internet untuk membesarkan buah hati dengan baik dan sukses.

Melalui naluri batin Anda dan melakukan apa yang Anda rasa benar, pada akhirnya, semua orang ingin membesarkan anak-anak dengan sukses.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, salah satunya cara Anda berbicara pada anak-anak Anda. Berikut adalah cara berbicara yang dapat menentukan masa depan anak Anda seperti dikutip dari situs Lifehack, Selasa (14/12/2016).

Pola pikir berkembang 

Hampir setiap waktu, perbedaan antara menanamkan pola pikir berkembang atau mindset tetap pada anak hampir sangat tidak kentara. Keduanya dapat melibatkan pujian tetapi pola pikir berkembang memasukan satu nilai pada proses belajar, sementara pola pikir tetap pada hasil belajar.

Pola pikir berkembang menciptakan gairah untuk belajar. Penekanan pada kemampuan anak bukan pada seberapa pintar dan cerdasnya mereka. Berikut contohnya. "Kamu mendapat jawaban yang benar, diselesaikan dengan baik. Kamu bekerja sangat keras untuk memahami itu dan Kamu melakukannya", atau,"Selesai dengan baik! Bagaimana kalau kamu mencoba teka-teki yang lebih menantang? Saya rasa kamu bisa melakukannya! "

Mengapa Pola pikir berkembang sangat penting

Dr Carol Dweck adalah pelopor terkemuka dalam penelitian pola pikir di Stanford University dan percaya bahwa pola pikii berkembang sangat penting sebagai dorongan, keyakinan dan pada akhirnya, kesuksesan. Ketika seorang anak mencoba untuk melakukan sesuatu untuk pertama kalinya, pikiran mereka tidak terikat dengan seberapa baik mereka melakukan tugas atau seberapa pintar mereka.

Dweck dan rekan melakukan penelitian yang melibatkan anak-anak kelas VII yang memulai tahun ajaran mereka dengan skor tes hampir identik. Semua anak dievaluasi untuk tanda-tanda pola pikir berkembang atau mindset tetap. Selama dua tahun, ada perbedaan yang konsisten di kelas antara kedua kelompok.

Ternyata anak-anak dengan pola pikir tetap memiliki tujuan yang jelas berbeda. Mereka lebih rentan terhadap menghindari tugas-tugas yang mungkin menunjukkan kekurangan dalam diri mereka, sementara anak-anak dengan pola pikir berkembang memiliki keyakinan bahwa kecerdasan dapat dikembangkan dan karena itu belajar hal-hal baru walaupun memerlukan biaya.

Kapan Anda harus memulai menanamkan pola pikir berkembang?

Studi menunjukkan bahwa tidak pernah terlalu dini atau terlalu terlambat untuk mendorong pola pikir berkembang pada anak. Sebagian besar anak-anak secara alami memiliki pola pikir berkembang, tapi umpan balik yang Anda berikan kepada mereka memiliki pengaruh besar pada apakah ini berubah menjadi mindset tetap. Sebagai orangtua, Anda sangat bersemangat untuk memuji anak-anak Anda, tetapi kadang-kadang tidak menyadari bagaimana anak Anda menafsirkan umpan balik.

Jelas, waktu yang optimal untuk mendorong timbulnya pola pikir berkembang adalah dari mulai anak mengembangkan pemahaman bahasa, tetapi ini tidak berarti bahwa tidak ada harapan untuk anak-anak dapat dengan mudah diperkenalkan dan dipraktekkan nanti.

Sebagian besar anak-anak memiliki kombinasi pertumbuhan dan pola pikir tetap tentang beberapa hal yang berbeda tergantung pada pengalaman, tapi sebagai orangtua, Anda dapat membantu untuk mendorong pola pikir berkembang dengan kata-kata hati-hati, dukungan dan optimisme  demi mewujudkan masa depan yang sukses.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.