Sukses

Wujudkan Pribadi yang Lebih Baik dengan 5 Tips Berikut Ini

Berikut adalah 5 hal sederhana yang dapat mengubah sikap dan kepribadian Anda menjadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali Anda melihat orang-orang di sekitar Anda dengan kepribadian positif lebih menikmati hidup dan bahagia, ketimbang mereka yang sering marah-marah dan pesimis. Sikap seseorang adalah kekuatan pendorong dalam kehidupan dalam melakukan hal-hal besar.

Meskipun benar bahwa manusia dilahirkan dengan kecenderungan atau orientasi sifat tertentu, kepribadian dan sikap dapat dikembangkan melalui hubungan dan pengalaman hidup. Sikap Anda mulai berkembang di masa kanak-kanak dan akan terus-menerus berkembang.

Tidak perlu khawatir karena selalu ada kesempatan untuk perubahan dan menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut adalah 5 hal sederhana yang dapat mengubah sikap dan kepribadian Anda menjadi lebih baik seperti dikutip dari situs Lifehack, Rabu (9/11/2016).

1. Mengidentifikasi dan memahami apa yang ingin Anda ubah.

Langkah pertama menuju perubahan jelas memahami apa yang perlu diubah. Menetapkan tujuan yang jelas adalah kunci sukses dalam usaha apapun. Ketika ingin mengubah sikap Anda, Anda perlu melakukan evaluasi diri yang jujur dan mendalam sehingga Anda tahu persis apa yang perlu diperbaiki atau benar-benar berubah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Carilah role model

2. Carilah role model

Anda perlu tahu bahwa apa yang Anda inginkan bisa dicapai. Anda bisa lebih optimis, lebih sosial atau lebih sabar. Menemukan seseorang yang memiliki jenis sikap dan kepribadian yang ingin Anda miliki dapat memberikan inspirasi, dan dorongan untuk bergerak melampaui kegagalan dalam perjalanan Anda menuju menjadi orang yang lebih baik.

3. Pikirkan tentang bagaimana perubahan sikap Anda akan mempengaruhi kehidupan Anda.

Untuk dapat meluncur cepat melalui semua kesulitan yang terbentang di depan Anda dalam perjalanan Anda menuju perbaikan diri, Anda perlu mencari tahu apa perubahan seharusnya yang bisa membawa ke kehidupan Anda. Dengan perubahan sikap berarti Anda berharap kehidupan keluarga, karier, serta aspek lainnya menjadi yang lebih baik. Raih kesempatan lebih besar untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

4. Pilih perusahaan yang tepat.

4. Pilih perusahaan yang tepat.

Banyak orang mengatakan, "perusahaan buruk merusak karakter yang baik." Anda tidak mengharapkan diri untuk dapat berubah jika Anda berada di dalam lingkungan yang penuh dengan sifat-sifat negatif. Pertimbangkan berteman orang-orang baru, terutama mereka yang optimis dan memiliki sikap yang sehat terhadap kehidupan. Anda akan melihat bahwa usaha Anda untuk mengubah akan lebih mudah dengan orang seperti ini sebagai teman Anda.

5. Percayalah bahwa Anda dapat berubah.

Seringkali, hambatan terbesar antara Anda dan tujuan Anda adalah diri Anda sendiri atau ketidakmampuan Anda untuk percaya dengan kemampuan Anda sendiri. Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri atau percaya bahwa hidup Anda dapat berubah, dapat membuat diri Anda menyerah sebelum berjuang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sikap positif sangat penting dalam kehidupan. Anda yang telah berjuang dengan membuang jauh sikap negatif Anda selama bertahun-tahun, melalui kegigihan dan evaluasi diri, pasti lama kelamaan akan berhasil dan akan memiliki kepribadian yang lebih baik.

 

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini